B777x
B777x

AVIATREN.com – Boeing merancang pesawat widebody generasi terbarunya, B777X bakal memiliki pilihan sayap yang bisa ditekuk setelah landing, agar muat parkir di bandara, semacam jet tempur F/A-18 di kapal induk.

Pilihan sayap yang bisa ditekuk/ujungnya dilipat ke atas ini tersedia untuk seri Boeing 777-8. Kenapa Boeing membuat sayap begitu lebar sehingga harus ditekuk saat hendak parkir?

Di situsnya, Boeing mengklaim rentang sayap B777X lebih panjang 7 meter (3,5 meter di masing-masing ujung sayap) dari varian regulernya itu dibuat untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Dengan kata lain, varian sayap yang lebih panjang oleh Boeing diklaim bisa lebih menghemat bahan bakar.

B777x folding wing tips design.

Perusahaan Jerman Liebherr-Aerospace Lindenberg GmbH memasok aktuator untuk mekanisme sayap lipat B777X itu. Perusahaan Jerman itu telah mengirin prototipe sistemnya kepada Boeing pada akhir Maret lalu.

Liebherr ditunjuk oleh Boeing pada Desember 2014 lalu untuk membuat desain, merancang, dan memproduksi serta menyediakan layanan perawatannya.

Namun, saat melihat halaman Wikipedia untuk B777X, nampaknya maskapai belum ada yang tertarik memesan varian B777X sayap lipat.

https://www.youtube.com/watch?v=VSBct_G1iNo