Beredar Foto N219 PTDI di Runway, Terbang Perdana? - Aviatren

Beredar Foto N219 PTDI di Runway, Terbang Perdana?

August 9, 2017

N219 PTDI

AVIATREN.com – N219, pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI), nampaknya sudah memulai masuk uji terbang. Aviatren mendapatkan foto eksklusif N219 sedang melakukan kegiatan di runway bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Dalam foto yang diterima Aviatren, N219 PTDI beregistrasi PK-XDT nampak melaju di atas runway, dengan roda depan terangkat. Namun tidak jelas pengujian apa yang dilakukan oleh PTDI kepada N219 ini. Bisa jadi ini hanyalah pengujian melaju dan melayang sesaat di atas runway saja, atau high speed taxiing, tidak sampai terbang.

Sebelumnya, PTDI juga diketahui melakukan beberapa kali pengujian engine run di depan hangar perakitan, dan uji taxiing di apron bandara Husein Sastranegara.

Terbang perdana N219 sempat mengalami beberapa kali penundaan. Namun pada Maret 2017 lalu, PTDI mengatakan kepada Katadata bahwa penerbangan perdana N219 akan dilakukan pada Mei 2017.

Baca: Menengok Teknologi “Synthetic Vision” di Kokpit N219

N219 juga sedianya dijadwalkan bakal terbang perdana pasa peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) pada 8-11 Agustus 2017 yang dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jadwal ini mundur dari rencana PTDI semula yang bakal melakukan penerbangan perdana N219 di paruh kedua 2016.

Pesawat N219 Indonesia adalah salah satu karya terbaru buatan anak bangsa. Pesawat N219 ini dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI). PTDI mengembangkan pesawat jenis turboprop (balik-baling) yang digunakan untuk penerbangan komersil jarak pendek.

Facebook Comments

Tags:,