AH-64E Apache TNI-AD tiba di Lanud Ahmad Yani Semarang (18/12/2017)

AVIATREN.com – TNI-AD menerima 3 unit helikopter serbu AH-64E Apache pada Senin (18/12/2017). Ketiganya dikirim langsung dari pangkalan udara di Arizona, ke Lanud Utama TNI AD Ahmad Yani di Semarang, menggunakan pesawat angkut C-17 Globemaster.

Menurut Wakil Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) Brigjen Eko kepada Kompas.com, AH-64E Apache yang dipesan TNI AD berjumlah delapan unit.

Tiga unit pertama AH-64E Apache telah dikirim pada Senin (18/12/2017) lalu, sementara lima unit sisanya akan dikirim pada Maret 2018.

kedelapan heli tersebut termasuk dalam program pembelian delapan unit melalui program Foreign Military Sales (FMS) untuk menjamin kesiapan alutsista secara maksimal. Pengumuman pembelian delapan Helikopter AH-64E Apache tersebut dilakukan pada September 2012 oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat saat itu, Hillary Clinton.

AH-64E apache yang sudah tiba di Semarang akan disiapkan untuk mendukung kesiapan operasional TNI AD. Pada fase awal, helikopter akan diuji kelaikudaraannya. Setelah dinyatakan lulus, akan dipakai untuk pelatihan penerbang dan semua awak pesawat.