Aplikasi Traveloka

AVIATREN.com – Tiket penerbangan domestik AirAsia Indonesia dikeluhkan sulit dijumpai di situs dan aplikasi Traveloka. Sejumlah pengguna Twitter mengeluhkan hal tersebut.

Kabarnya, tiket pesawat untuk rute penerbangan domestik AirAsia sudah tidak dijual oleh Traveloka lagi sejak Kamis (14/2/2019).

Hal ini tentu menyulitkan sejumlah calon penumpang AirAsia yang berniat memesan tiket.

Kepada TribunNews, PR Manager Traveloka, Busyra Oryza mengatakan bahwa hilangnya tiket domestik maskapai AirAsia dari platformnya adalah karena maskapai Indonesia AirAsia yang sedang melakukan pemeliharaan sistem, sehingga hal itu berdampak pada sistem reservasi tket yang ada.

“Setelah kami cek, saat ini sedang terjadi pemeliharaan sistem sehingga tiket maskapai AirAsia tidak tersedia untuk sementara waktu,” ujarnya dikutip AVIATREN dari Tribunnews.com, Minggu (17/2/2019).

Memang, sejak Senin (11/2), Indonesia AirAsia sudah mengumumkan akan melakukan upgrade sistem reservasi online-nya, namun hal itu hanya berlangsung untuk sementara waktu yakni selama 13 jam.

Pekerjaan upgrade sistem reservasi AirAsia dilaksanakan mulai Sabtu (16/2/2019) pukul 13.00 WIB, hingga Minggu (17/2/2019) pukul 02.00 WIB.

Namun hingga Minggu (17/2/2019) pagi, tiket penerbangan domestik AirAsia tetap hilang dari sistem Traveloka.

Tanggapan Indonesia AirAsia

Direktur Komersial Indonesia AirAsia Rifai Taberi, mengatakan bahwa sejak Kamis (14/2), secara “ajaib” tiket penerbangan domestik AirAsia menghilang dari online travel agent. Rifai mengaku, sebelumnya tidak pernah ada masalah.

Banyak pelanggan yang akhirnya bertanya ke AirAsia tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia di online travel agent. Oleh karena itu, AirAsia mengarahkan pelanggan untuk membeli tiket AirAsia melalui website dan mobile app, sehingga rencana perjalanan mereka tetap lancar.

“Memang AirAsia melakukan pemeliharaan sistem, tetapi hanya pada Sabtu 16 Februari 2019 pukul 13.00 WIB hingga Minggu 17 Februari 2019 pukul 02.00 WIB,” kata Rifai.

“Artinya, jauh hari sebelum pemeliharaan sistem, tiket domestik AirAsia sudah tidak tersedia di online travel agent,” imbuh Rifai.

“Saat ini pun setelah pemeliharaan sistem selesai, tiket domestik AirAsia masih belum tersedia di online travel agent. Kami tengah menyadari ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana seharusnya.” pungkasnya.