AVIATREN.com – Pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Arilines jatuh pada Minggu (10/3/2019) pagi, tak lama setelah tinggal landas.

Pesawat dengan nomor penerbangan ET302 itu sejatinya akan menempuh rute Addis Ababa ke Nairobi, Kenya. manajemen maskapai menyatakan pesawat membawa 149 penumpang dan 8 kru pesawat.

“Kami dengan ini mengonfirmasi, pesawat nomor penerbangan ET 302 kami dari Addis Ababa ke Nairobi terlibat kecelakaan hari ini,” demikian pernyataan manajamen.

B737 MAX 8 Ethiopian Airlines penerbangan ET302 disebut mengalami kecelakaan di sekitar Bishoftu (Debre Zeit), 50 km sebelah selatan ibu kota Etiopia, Addis Ababa.

Baca Juga: Kesamaan Jatuhnya Ethiopian ET302 dengan Lion Air JT610

Pesawat tersebut adalah jenis B737 MAX 8 dengan registrasi ET-AVJ. Pesawat tinggal landas pada pukul 08.38 dar Bole International Airport, Addis Ababa, dan hilang kontak pada pukul 08.44 waktu setempat. Tak lama setelah takeoff.

Perdana Menteri Etiopia Abiy Ahmed menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Baca Juga: Ada 1 Warga Negara Indonesia dalam Pesawat Ethiopian ET302 yang Jatuh

Laporan dari Bloomberg menyebutkan, pesawat jatuh di sekitar wilayah Bishoftu atau Debre Zeit, sekitar 50 km sebelah selatan ibu kota Etiopia, Addis Ababa.

Hingga kini belum ada rincian lebih lanjut tentang penyebab kecelakaan. Meski demikian, operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung. “Kami tidak memiliki informasi tentang korban selamat atau korban terluka,” demikian pernyataan kantor Perdana Menteri.

Ethiopian Airlines merupakan perusahaan milik negara yang mengklaim sebagai maskapai terbesar di Afrika. Maskapai tersebut berambisi menjadi pintu gerbang untuk menjelajahi benua Afrika.