Airbus A400M di film Mission Impossible
Airbus A400M di film Mission Impossible

AVIATREN.com – Bagi pecinta film aksi Hollywood, pasti sudah tidak asing lagi dengan film laga Mission: Impossible. Di tahun 2015 ini, film franchise yang dibintangi oleh aktor laga Tom Cruise itu memasuki sekuel yang kelima dan mengusung titel Rogue Nation.

Studio Paramount Pictures selaku distributor film telah merilis trailer terbaru dari Mission: Impossible 5. Dalam trailer itu, aviation geek (avgeek) diberi bocoran bahwa pesawat angkut terbaru produksi Airbus, seri A400M bakal muncul di film ini.

Agen Ethan Hunt (Tom Cruise) terlihat bergelantungan di pintu luar A400M yang sedang bersiap untuk take off. Sementara rekannya mencoba untuk membuka pintu pesawat melalui gadget-nya, seperti sedang berusaha untuk meretas.

Mungkinkah A400M, pesawat angkut yang didesain Airbus untuk melayani pasar militer itu bisa diretas dari luar? Apalagi antarmuka software yang ditampilkan untuk meretas A400M itu seperti menggunakan bahasa Rusia.

Antarmuka software yang dipakai Benji untuk meretas pintu A400M. Bahasa Rusia?
Antarmuka software yang dipakai Benji untuk meretas pintu A400M. Bahasa Rusia?

Mari berdoa semoga saja itu semua hanya terjadi dalam film.

Yang pasti, penonton (terlebih avgeek) tidak akan dibikin kecewa dengan adegan take off A400M di film ini. Karena tak seperti di film Fast Furious 6, Antonov AN-225 Mriya di film itu bisa butuh waktu lebih dari sepuluh menit untuk take-off roll. Bayangkan berapa panjang runway yang dibutuhkan.

Ini trailer Mission: Impossible 5 yang menggambarkan adegan A400M sedang dicoba diretas pintunya dari luar. Ohya, filmnya bakal tayang di bioskop mulai 31 Juli nanti.

A400M adalah pesawat angkut militer dengan mesin turboprop empat baling-baling yang diproduksi oleh Airbus Military, sebagai pengganti pesawat angkut lama seperti Transall C-160 atau C-130 Hercules.

A400M terbang perdana pada 2009 lalu dan telah menerima sertifikasi EASA ( European Aviation Safety Agency) pada Maret 2013.

Pesawat serupa juga mengalami kecelakaan pada 9Mei 2015 lalu di pabriknya di Spanyol, menewaskan empat kru Airbus dan dua lainnya mengalami luka-luka serius.