Patung Soekarno-Hatta di Bandara SHIA (Kompas/Andri Donnal Putera)
Patung Soekarno-Hatta di Bandara SHIA (Kompas/Andri Donnal Putera)

AVIATREN.com - Patung proklamator Bung Karno dan Bung Hatta yang berada di gerbang bandara internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten dipindahkan.

Patung tersebut oleh pihak pengelola bandara Soetta dipindah dari lokasi lama di akses masuk melalui jalan tol, ke lokasi baru di bundaran Terminal 3.

“Betul, patung Soekarno dan Hatta mau dipindah ke bundaran Terminal 3. Titik itu merupakan titik tengah sehingga patung bisa dilihat dari segala sisi bandara,” kata Head of Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi, dikutip AVIATREN dari Kompas.com, Kamis (7/1/2016).

Bundaran Terminal 3 adalah persimpangan antara T3, terminal kargo, dan Terminal 1 dan 2. Bundaran tersebut lokasinya lurus dengan akses utama dari tol.

Patung Soekarno dan Muhammad Hatta dipindahkan untuk mengakomodasi east cross taxiway yang menghubungkan landasan 25R dan 25L, sesuai dengan grand desain penataan Bandara Soekarno-Hatta. Saat ini Bandara Soekarno-Hatta memiliki cross taxiway di ujung runway satunya (07L dan 07R).

East cross taxiway untuk mempermudah perpindahan pesawat dari runway 1 ke runway 2, dan sebaliknya,” kata Head of Project Management Unit Bandara Soekarno-Hatta, Agung Sedayu.

Pemindahan patung dilaksanakan pada hari Jumat (8/1/2016) menjelang tengah malam. Di tempat lama patung Soekarno-Hatta berdiri, nantinya akan diganti dengan patung Garuda.

Penumpang pesawat yang ke bandara dari tol maupun akses Perimeter Selatan akan disambut oleh patung Garuda kemudian disapa kedua patung proklamator di bundaran antara Terminal 3 dengan Terminal Kargo.