Indonesia domestic route map.
Indonesia domestic route map.

AVIATREN.com – Rute penerbangan terpadat di dunia ternyata salah satunya berada di Indonesia.

Rute yang dimaksud menurut Menurut Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelengara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia adalah rute Jakarta (CGK) – Surabaya (SUB).

“(Rute Jakarta-Surabaya) dilalui oleh 300 pergerakan penerbangan setiap hari,” kata Direktur Service Development dan IT LPPNPI Newin Manulang seperti dikutiop AVIATREN dari Kompas.com, Sabtu (25/6/2016).

Menurut Newin, ada 150 pesawat yang melalui rute Jakarta-Surabaya per hari.

Newin menjelaskan, kepadatan rute penerbangan Jakarta-Surabaya terjadi lantaran sejumlah pesawat dengan tujuan ke timur Indonesia masih menggunakan rute tersebut.

Misalnya, pesawat Jakarta-Makassar. Pesawat yang lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta harus terlebih dulu melewati rute Jakarta-Surabaya.

Setelah sampai di Surabaya, baru pesawat berbelok ke arah Sulawesi. Selain pesawat ke Sulawesi, pesawat dengan tujuan Bali juga harus menempuh rute Jakarta-Surabaya sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

Saat ini, AirNav Indonesia sedang berencana membuka rute baru sehingga pesawat-pesawat yang tujuannya tidak ke Surabaya tidak perlu masuk ke rute Jakarta-Surabaya, salah satunya adalah membuka rute selatan Pulau Jawa. Baca: Jika Dibuka, Jalur Selatan Jawa Bisa Percepat Penerbangan ke Timur

Diharapkan, dengan rute itu maka kepadatan penerbangan di rute Jakarta-Surabaya bisa terurai.