Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta

AVIATREN.com - Pembangunan landas pacu (runway) ke-3 di bandara Soekarno-Hatta akan dimulai pada awal 2017 mendatang. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi dalam simulasi operasional di Terminal 3, Bandara Soetta, Minggu (12/6/2016) lalu.

PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan pembangunan runway ketiga bandara Soetta itu selesai dalam waktu satu tahun.

“Awal 2017 dimulai, awal 2018 sudah selesai,” ujar Budi Karya Sumadi seperti dikutip AVIATREN dari KOMPAS.com, Kamis (14/7/2016).

“Kalau kita menilik apa yang harus dibangun terlebih dahulu, sebenarnya runway menjadi prioritas, karena satu penerbangan take off-landing itu harus ada runway,” imbuhnya.

Menurut Budi, saat ini AP II sedang menyelesaikan tahapan pembebasan lahan dan ditargetkan bisa selesai dalam waktu dekat.

Runway baru memang sudah menjadi prioritas AP II di bandara Soetta untuk mengurangi kepadatan penerbangan yang ada. “Kita tahu bahwa jujur di Soetta, take off dan landing berlangsung padat dan mengakibatkan antrian,” kata Budi.

Bandara Soekarno Hatta sendiri saat ini mampu menangani 72 pergerakan pesawat per jam. Untuk membuat terminal di Soetta tidak antri, pergerakan per jamnya harus 100.

“Untuk itu, kami harus perbaiki dua landasan yang ada dan perbaikan landasan agar pesawat berbadan besar bisa landing di sini. Dan kami harus membangun runway ke-3,” tambah Budi.