Insiden “Near Miss” A330 AirAsia dan A320 Jetstar di Gold Coast Australia

Info grafis insiden "near miss" antara A320 Jetstar dan A330 AirAsia X di Gold Coast, Australia, Kamis (28/7/2016).
Info grafis insiden “near miss” antara A320 Jetstar dan A330 AirAsia X di Gold Coast, Australia, Kamis (28/7/2016).

AVIATREN.com – Pesawat Airbus A330 AirAsia X dan A320 Jetstar mengalami insiden near miss (nyaris bertabrakan) di bandara Gold Coast, Australia. Pihak berwenang Australia sedang menyelidiki insiden tersebut.

Insiden terjadi pada Kamis (28/7/2016) sekitar pukul 11.42 waktu setempat. A320 Jetstar saat itu sedang menurunkan ketinggian jelajah saat kedua pesawat berpapasan dengan jarak hanya 150 meter saja.

A330 AirAsia saat itu sedang menuju ke Auckland, sementara A320 Jetstar hendak mendarat setelah terbang dari bandara Avalon, Victoria.

Sistem TCAS di kedua pesawat menyala dan membunyikan peringatan di dalam kokpit.

Juru bicara Jetstar dikutip AVIATREN dari SMH.com.au, Senin (1/8/2016) mengatakan pilotnya sudah mendapat izin dari ATC untuk menurunkan ketinggian.

“Saat descent, sistem peringatan pesawat menyala, memberi tahu pilot kami bahwa ada pesawat lain yang berdekatan di jalur kami yang sudah disetujui,” imbuhnya. Pilot Jetstar kemudian mengambil tindakan menghindar dengan menaikkan ketinggian.

Di sisi lain, juru bicara AirAsia mengatakan pilot mereka sudah mendapatkan izin takeoff dari menara pengawas bandara Gold Coast, mengikuti jalur penerbangan, heading, dan altitude yang diberikan oleh ATC.

“Pesawat take off dengan aman dan melanjutkan perjalanannya tanpa insiden serius,” imbuhnya.

Kasus ini sedang diinvestigasi oleh Air Transport Safety Bureau, Australia.  AirAsia dan Jetstar mengaku akan bekerja sama sepenuhnya dalam membantu investigasi.