AVIATREN.com – Skytrax kembali menyelenggarakan World Airline Awards, penghargaan bergengsi di dunia penerbangan di ajang Paris Air Show 2019.

Untuk kategori maskapai terbaik dunia 2019, maskapai Garuda Indonesia tahun ini keluar dari daftar 10 besar.

Posisi Garuda Indonesia digantikan oleh maskapai asal Australia, Qantas Airways yang melejit dari posisi 11 ke posisi 8. Garuda Indonesia turun tiga peringkat dari posisi ke-9 pada 2018 ke posisi ke-12.

Posisi pertama disabet oleh maskapai asal Qatar, Qatar Airways yang juga mendapat tiga penghargaan bergengsi untuk kategori Kelas Bisnis Terbaik, Kursi Kelas Bisnis Terbaik, dan Maskapai Terbaik di Timur Tengah.

“Ini adalah hasil dari perjuangan dari seluruh tim Qatar Airways. Ini momen mebanggakan untuk maskapai dan inovasi terus-menerus serta standar layanan kami menjadi acuan untuk industri kami,” kata Qatar Airways Group Chief Executive Akbar Al Baker dikutip AVIATREN dari Kompas.com, Rabu (19/6/2019).

Edward Plaisted dari Skytrax mengingatkan bahwa penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei 100 persen independen dari pelanggan maskapai dunia.

Berikut adalah 10 maskapai terbaik dunia pada 2019 versi Skytrax:

1. Qatar Airways (Qatar)
2. Singapore Airlines (Singapura)
3. ANA All Nippon Airways (Jepang)
4. Cathay Pacific (Hong Kong)
5. Emirates (Uni Emirat Arab)
6. EVA Air (Taiwan)
7. Hainan Airlines (China)
8. Qantas Airways (Australia)
9. Lufthansa (Jerman)
10. Thai Airways (Thailand)