Bandara Soekarno-Hatta

AVIATREN.com – Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi bandara dengan angka keterlambatan penerbangan (delay) tertinggi di dunia, dalam 12 bulan terakhir.

Hal itu berdasar laporan firma riset Stasher yang dirilis pada akhir Juli 2019 lalu.

Stasher menyusun pemeringkatan 106 bandara di dunia berdasarkan delapan faktor, termasuk kemungkinan keterlambatan penerbangan, jumlah toko dan lounge, jarak ke pusat kota, serta tarif parkir.

Kemudian, Stasher menstandarisasi data untuk memperoleh nilai antara 0 sampai 10 untuk setiap faktor yang dinilai. Dalam hal keterlambatan penerbangan, Stasher mengambil data dari situs Flight Stats, antara periode Juni 2018 hingga Mei 2019.

Kemudian, Stasher menghitung persentase keterlambatan penerbangan lebih dari 15 menit di setiap bandara. Menurut Stasher, Bandara Soekarno-Hatta memiliki jumlah terbanyak keterlambatan penerbangan di dunia.

Bandara di Tangerang itu berada di peringkat terakhir, alias 106 dalam hal ketepatan waktu menurut pemeringkatan Stasher. Selanjutnya diikuti oleh Bandara Stanstead di London, Inggris, serta Bandara Ninoy Aquino di Manila, Filipina.

Stasher menyatakan, infrastruktur di Asia Tenggara bersusah payah mengejar keseimbangan dengan jumlah penumpang yang terus tumbuh. Tak hanya itu, penerbangan di kawasan itu juga seringkali terdampak kondisi cuaca, khususnya ketika musim hujan.

Menyusul bandara dengan ketepatan waktu yang rendah adalah Bandara Brussels di Belgia dan Bandara Portela di Lisbon, Portugal.

Sementara bandara dengan keseluruhan nilai terbaik adalah Bandara Internasional Sheremetyevo Alexander S Pushkin di Rusia. Bandara tersebut memperoleh nilai sempurna alias 10 untuk keterlambatan penerbangan, yang artinya secara umum penerbangan di sana tepat waktu.

Bandara Internasional Changi di Singapura memperoleh nilai yang buruk untuk tarif parkir, yang artinya tarif mahal. Bandara Internasional Kuala Lumpur memperoleh nilai yang buruk pada faktor jumlah toko, merujuk pada sedikitnya toko di bandara itu.

Ada pula Bandara Tan Son Nhat di Vietnam, Bandara Charles de Gaulle di Perancis, Bandara Kairo di Mesir, Bandara Frankfurt di Jerman, dan Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat di Spanyol.

Sementara bandara paling tepat waktu adalah Bandara Sheremetyevo di Rusia, dengan hanya 6 persen keterlambatan dalam waktu 15 menit. Lalu, diikuti Bandara Tenerife North di Spanyol, serta Bandara Tokyo Haneda dan Kansai International di Jepang.