AVIATREN.com – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia melakukan uji coba penggunaan aplikasi International Air Travel Association (IATA) Travel Pass sebagai syarat untuk perjalanan internasional.

Aplikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk mengelola dan memverifikasi kredensial dan dokumen-dokumen kesehatan penumpang yang diperlukan oleh negara tujuan.

Dengan adanya uji coba ini, Garuda Indonesia otomatis menjadi maskapai penerbangan Indonesia pertama yang menguji coba aplikasi IATA Travel Pass kepada penumpangnya.

President & CEO Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan uji coba ini memiliki peranan penting untuk mempersiapkan maskapai dan industri penerbangan untuk kembali melayani penumpang, seiring dilonggarkannya pembatasan di sejumlah wilayah.

“Uji coba IATA Travel Pass ini merupakan upaya kami untuk memberikan nilai tambah bagi penumpang kami dengan memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam perjalanan internasional melalui layanan yang lebih terintegrasi, terutama pada masa penyesuaian di era New Normal,” ujar Irfan dalam sebuah pengumuman.

Irfan melanjutkan, kolaborasi Garuda Indonesia dengan IATA tidak hanya akan mendukung pemulihan ekonomi nasional, namun juga akan mendukung industri penerbangan secara global dan mempererat hubungan antar negara.

IATA Travel Pass

Ia juga optimis kehadiran IATA Travel Pass akan memberikan kenyamanan dan kemudahan pengelolaan dan verifikasi dokumen kesehatan penumpang yang dibutuhkan, terutama mereka yang menempuh perjalanan internasional.

“Kami percaya uji coba IATA Travel Pass akan mempercepat upaya kami untuk mengintegrasikan dokumen perjalanan, termasuk sertifikat kesehatan, secara digital dengan aplikasi kami yang ada, FlyGaruda,” tambah Irfan.

Uji coba aplikasi IATA Travel Pass sendiri sudah dilakukan sejak 30 Agustus lalu dan akan berlangsung hingga 13 September mendatang.

Di tahap awal, IATA Travel Pass akan ditawarkan kepada penumpang Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA874/GA875 rute Jakarta – Haneda (PP).

Apa itu IATA Travel Pass?

Apa itu IATA Travel Pass? Sekadar informasi, IATA Travel Pass adalah aplikasi digital yang memungkinkan penggunanya menyimpan dan mengelola hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksinasi Covid-19 dengan mudah dan aman.

Melalui aplikasi tersebut, penumpang pesawat udara rute internasional dapat dengan mudah memperoleh informasi persyaratan Covid-19 negara tujuan, serta lokasi laboratorium terakreditasi yang menyediakan tes Covid-19.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat “paspor digital”, yang bisa dipakai untuk mengelola dokumen perjalanan yang diperlukan dengan mudah.

Aplikasi IATA Travel Pass sendiri dapat diunduh melalui toko aplikasi Play Store untuk smartphone Android dan App Store untuk perangkat iOS atau iPhone.

Setelah diunduh, penumpang kemudian dapat membuat akun di dalam aplikasi dengan mengisi informasi pribadi secara digital, termasuk foto dan paspor mereka.

Penumpang juga dapat memperoleh informasi lengkap tentang persyaratan Covid-19 untuk tujuan penerbangan mereka, dengan mengisi informasi mengenai rencana perjalanan di dalam IATA Travel Pass.

Selain itu, pengguna IATA Travel Pass juga akan memiliki kontrol penuh atas informasi pribadi mereka. Sebab, data yang dimasukkan diklaim akan disimpan secara lokal di smartphone pengguna, bukan di server atau database pusat.

Content Writer

View all posts