Citilink Masuk Daftar Maskapai Terbaik Jalankan Prokes

Airbus A320neo pertama Citilink

AVIATREN.com – Citilink mendapatkan predikat 5-Star Covid 19 Airline Safety Rating dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan global independen yang berbasis di Inggris, pekan ini.

Predikat tersebut menjadikan Citilink sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah atau low cost carrier (LCC) kedua di dunia setelah Scoot (Singapore Airlines) dan menjadikan Citilink salah satu dari 15 maskapai penerbangan di dunia yang mendapatkan 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating dari Skytrax.

Direktur Utama Citilink, Juliandra mengatakan 5 Star Covid-19 Airline Safety Rating sendiri merupakan penilaian tertinggi yang diberikan kepada maskapai penerbangan atas penerapan protokol kesehatan (prokes) terbaik dalam layanan penerbangan di tengah situasi pandemi.

“Predikat ini merupakan pengakuan global atas kualitas penerapan protokol kesehatan yang baik dalam penerbangan Citilink khususnya di masa pandemi Covid-19,” tutur Juliandra dalam keterangan resmi.

Untuk mendapatkan predikat prestisius ini, Citilink telah melakukan persiapan audit sejak Januari 2021, sebelum diaudit oleh Skytrax pada Agustus 2021 lalu.

Proses audit yang diterapkan Skytrax sendiri mencakup penilaian keseluruhan aspek penerapan protokol kesehatan, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik selama masa pandemi, baik dari sebelum keberangkatan dan sesudah penerbangan.

Secara rinci, aspek penilaian yang dilakukan sebelum keberangkatan (pre-flight) adalah website, automatic check-in process, dan boarding management.

Kemudian aspek penilaian yang dicek dalam proses penerbangan (in-flight) mencakup customer & cabin staff PPE (Personal Protective Equipment), cabin staff assistance, disembark management, dan cabin cleanliness.

Adapun proses setelah penerbangan (post-flight) yang dinilai Skytrax mencakup arrival dan baggage reclaim.

Selain layanannya, CEO Skytrax, Edward Plaisted, mengatakan bahwa manajemen dan karyawan Citilink juha telah melampaui standar industri untuk memitigasi risiko penularan Covid-19 dalam rangka memulihkan kepercayaan penumpang untuk kembali bepergian menggunakan pesawat.

“Kami senang untuk menobatkan Citilink dengan predikat 5-Star Airline Covid-19 Safety Rating, mempertimbangkan segala upaya yang telah dilakukan Citilink dalam memberikan standar kebersihan tertinggi bagi penumpangnya,” imbuh Edward.