Penambahan rute penerbangan codeshare ini juga diumumkan seiring dengan adanya pelonggaran terkait pembatasan wilayah Covid-19.
Ilustrasi Singapore Airlines.
Ilustrasi Singapore Airlines.

AVIATREN.com – Malaysia Airlines (MH) dan Singapore Airlines (SQ) bakal mengaktifkan kembali bisnis koneksi rute penerbangan (codeshare) mereka untuk wilayah Kuala Lumpur dan Singapura dalam waktu dekat.

Selain itu, MH dan SQ juga berencana untuk memperbanyak rute codeshare ke 15 tujuan domestik di Malaysia, 7 destinasi di Eropa, dan 2 destinasi di Afrika Selatan.

Rencana pengaktifan kembali, sekaligus pengembangan rute codeshare ini tampaknya dilakukan untuk menyambut menyambut program rute penerbangan khusus penumpang yang telah divaksinasi, alias Vaccinated Travel Lane (VTL) pada 29 November 2021 mendatang.

Adapun penambahan rute penerbangan codeshare ini juga diumumkan seiring dengan adanya pelonggaran terkait pembatasan wilayah Covid-19.

Penambahan rute penerbangan codeshare

Malaysia Airlines

Nantinya, penerbangan codeshare Malaysia Airline bakal mengandalkan pesawat Airbus A330 untuk rute Kuala Lumpur-Singapura pada periode 29 November-31 Desember 2021.

Secara bertahap, jadwal maskapai tersebut bakal bertambah sebanyak 35 penerbangan per minggu pada periode Januari-Maret 2022 mendatang dan pesawat Boeing 737-800 juga dipakai untuk melayani rute tersebut.

Sementara itu, penerbangan codeshare Singapore Airlines bakal memiliki 28 penerbangan rute Singapura-Kuala Lumpur mulai 29 November 2021 mendatang.

Mulai tanggal itu juga, penumpang Singapore Airlines bisa dengan mudah menggunakan rute penerbangan Malaysia Airlines untuk pergi ke 15 destinasi domestik di Malaysia.

Di antaranya mencakup Alor Setar, Bintulu, Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuala Terengganu, Kuantan, Kuching, Labuan, Langkawi, Miri, Penang, Sandakan, Sibu, Tawau, serta Kuala Lumpur.

Lalu mulai 1 Januari 2022, penumpang Malaysia Airlines bisa juga menggunakan rute penerbangan Singapore Airlines untuk 7 destinasi Eropa, seperti Barcelona, Copenhagen, Frankfurt, Moscow, Munich, Roma, dan Zurich, serta 2 destinasi di Afrika Selatan mencakup Cape Town dan Johannesburg.

Ke depannya, rute penerbangan dari kerja sama codeshare antara Malaysia Airlines dan Singapore Airlines akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Berbagi penerbangan sejak 2019

Sekadar informasi, kerja sama codeshare antara Malaysia Airlines dan Singapore Airlines ini pertama kali dilakukan sejak 2019 lalu dengan berbagi rute penerbangan di negara masing-masing maskapai tersebut.

Kerja sama ini memungkinkan kedua maskapai penerbangan itu untuk mengoordinasikan jadwal penerbangan, menawarkan produk tarif bersama, menyelaraskan program perusahaan, dan mengeksplorasi hubungan antara program frequent flyer dari KrisFlyer dan Enrich.

Bisnis codeshare ini juga memungkinkan kedua maskapai untuk mengeksplorasi inisiatif pemasaran pariwisata bersama, sekaligus rencana perjalanan multi-stop yang memungkinkan pelanggan melakukan perjalanan ke lebih banyak tujuan di Malaysia melalui Kuala Lumpur dan Singapura.

Content Writer

View all posts