Hal ini dilakukan sesuai arahan Rosaviatsiya, yang mengatakan penyetopan rute internasional bisa mencegah pesawat disita di bandara tujuan.
Ilustrasi Rossiya

AVIATREN.com – Sejumlah maskapai asal Rusia kompak menghentikan rute penerbangan internasional, pasca negara tersebut melakukan invasi ke Ukraina sejak beberapa pekan lalu.

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan rekomendasi yang dikeluarkan federasi penerbangan Rusia (Rosaviatsiya), yang mengatakan bahwa penyetopan rute internasional bisa mencegah pesawat disita di bandara tujuan.

Sebelumnya, pesawat-pesawat dari maskapai Pobeda and Ural Airlines sendiri dikabarkan sempat disita di bandara tujuan untuk rute internasional yang mereka operasikan.

Adapun beberapa maskapai Rusia yang menghentikan rute internasional ini mencakup Aeroflot, S7 Airlines, Rossiya Airlines, dan Azur Airlines.

Aeroflot, begitu juga anak perusahaannya Rossiya Airlines, bakal menghentikan seluruh rute penerbangan internasional (kecuali ke Belarusia) mulai 8 Maret 2022. Sementara itu, rute penerbangan domestik bakal tetap dibuka.

Sama seperti Aeroflot, Azur Airlines juga bakal menyetop rute internasional mereka mulai 8 Maret 2022.

Meski demikian, mereka masih tetap menerima penerbangan pulang ke Rusia dari sejumlah negara seperti Mesir, Turki, Meksik, Dubai, Republik Domininika, Kuba, Vietnam, dan Maladewa.

Di sisi lain, S7 Airlines sendiri sudah menghentikan rute internasional lebih dulu dari ketiga maskapai tadi, sebagaimana dirangkum Aviatren dari FlighGlobal.com, Selasa (8/3/2022).

Penerbangan ke negara-negera Eropa dari maskapai tersebut sendiri sudah disetop per tanggal 26 Februari 2022, sedangkan rute internasional lainnya sudah ditutup sejak 5 Maret 2022.

Content Writer

View all posts