FAA juga harus menyetujui rencana supaya B777 dengan mesin PW4000 yang bermasalah bisa kembali beroperasi seperti sedia kala.
B777 United Airlines UA328 yang mengalami kebakaran mesin di tengah penerbangan, Sabtu (20/2/2021).

AVIATREN.com – Federasi Penerbangan Amerika Serikat (FAA) mengeluarkan sejumlah imbauan keselamatan penerbangan (airworthiness directives) terkait salah satu tipe mesin pesawat Boeing 777, yaitu Pratt & Whitney 4000 (PW4000).

Airworthiness directives tersebut memungkinkan pesawat yang ditenagai dengan mesin tersebut kembali diizinkan terbang, usai di-grounded selama sekitar satu tahun pasca kejadian mesin pesawat Boeing 777 meledak yang menimpa United Airlines pada Februari 2021 lalu.

Adapun imbauan keselamatan penerbangan terbaru ini diterbitkan setelah FAA menerima setidaknya tiga laporan terkait adanya malfungsi di komponen besi kipas di dalam mesin pesawat PW4000.

Sebagaimana dilansir Reuters dan dikutip Aviatren, Selasa (15/3/2022), salah satu imbauan keselamatan penerbangan yang diterbitkan FAA dan bakal efektif pertengahan April ini sendiri menyarankan pembuat pesawat memasang penghalang serpihan kipas di sekitar mesin pesawat.

Lalu ada imbauan untuk melakukan pengecekan berkala terkait kelembapan di pintu penutup mesin pesawat dan katup penutup pompa hidraulik, serta imbauan untuk melakukan perbaikan apabila ada masalah yang muncul setelah proses pengecekan rampung.

Boeing tampaknya belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait airworthiness directives teranyar yang diterbitkan FAA ini.

Yang jelas, dengan adanya imbauan ini, Boeing selaku produsen pesawat harus menerbitkan rencana terbaru untuk memenuhi syarat keselamatan pesawat yang dibuat FAA.

Selain itu, FAA juga harus menyetujui rencana tersebut supaya pesawat dengan mesin PW4000 yang bermasalah bisa kembali beroperasi seperti sedia kala.

Di-grounded sejak Februari 2021

Sebelumnya, setelah mesin Boeing 777 milik United Airlines meledak di udara usai lepas landas dari Denver pada Februari 2021 lalu, FAA langsung mengadakan investigasi menyeluruh terhadap mesin pesawat tersebut, sekaligus meng-grounded pesawat yang mengusungnya.

Hal itu dilakukan setelah Lembaga Keselamatan Transportasi AS menemukan adanya retakan pada kipas mesin salah satu pesawat United Airlines, serta menemukan sejumlah serpihan dari mesin pesawat di sejumlah tempat.

Pihak United Airlines, satu-satunya maskapai yang memiliki 52 unit Boing 777 yang dibekali dengan mesin PW4000, mengatakan bahwa langkah FAA ini tepat untuk meningkatkan keselamatan maskapai dan industri penerbangan secara keseluruhan.

Terkait perbaikan mesin pesawat yang dianjurkan FAA sendiri, United Airlines mengatakan bahwa beberapa dari pesawat 777 mereka yang memiliki mesin tersebut telah dimodifikasi untuk mematuhi imbauan terbaru FAA.

“Kami berharap pesawat-pesawat ini bisa beroperasi kembali seperti sedia kala dalam waktu dekat,” tulis United Airlines.

Content Writer

View all posts