Livery KLM dengan warna oranye-biru (@KLM)
Livery KLM dengan warna oranye-biru (@KLM)

AVIATREN.com – Ada yang menarik dari cuitan akun Twitter milik maskapai Belanda, KLM. Maskapai yang familiar dengan warna biru-putihnya itu mengunggah foto B777-nya dalam balutan warna yang berbeda.

Should we colour orange next year?” demikian kicau akun Twitter @KLM pada Senin (27/4/2015) pagi, yang disertai dengan foto B777 dengan warna gradasi dari oranye di bagian depan dan biru di bagian fuselage belakang.

Bagian samping fuselage depan sayap juga dihiasi dengan logo singa khas kerajaan Belanda.

Berbagai reaksi dari follower akun Twitter KLM pun muncul. Sebagian mempertanyakan apakah itu hasil olah foto digital atau KLM memang benar membuat livery pesawatnya menjadi oranye, warna nasional kerajaan Belanda.

Sebagian lagi tidak perduli jika itu adalah hasil Photoshop, mereka pun mendukung jika KLM benar-benar membuat livery pesawtanya seperti yang ditampilkan, yaitu oranye-biru.

Namun, benarkah KLM akan mengubah livery pesawatnya seperti demikian?

Usut punya usut, foto tersebut merupakan cara maskapai flag carrier Belanda itu dalam merayakan King’s Day atau Hari Raja yang diperingati setiap tahun pada 27 April, hari saat Raja Willem-Alexander lahir.

Hal itu terungkap dari tanda tagar yang disertakan KLM, yaitu #Koningsdag dan #Kingsday

KLM pun mengonfirmasi bahwa livery oranye-bitu itu hanya modifikasi digital melalui bakicauannya, “Hello, please know that this isn’t real and the plane have been modified from blue to orange in the picture.”

Pun demikian, livery tersebut kelewat dianggap keren bagi para avgeek. Hal itu tercermin dari balasan Tweet KLM, seperti yang dikicaukan akun @Hayotje yang mengatakan “Looks great though :). Maybe just one plane in the fleet.”

I would NEVER have thought Orange & Blue could possibly go together BUT it actually looks stunning!” kicau @andrewrtw

Yes, that’s an amazing colour scheme, you should consider one in that livery permanently!” tulis akun Twitter @MattRPhotos.

Melihat respon positif dari para fans KLM, mungkinkah maskapai tersebut benar-benar mewujudkan livery orange-biru ini tahun depan? Kita tunggu saja.