Penampakan Ed Force One dengan armada Boeing 747
Penampakan Ed Force One dengan armada Boeing 747

AVIATREN.com - Band rock asal Amerika Serikat, Iron Maiden mengumumkan bahwa dalam konser tur keliling dunia tahun 2016 mendatang, mereka akan menggunakan pesawat yang lebih besar, yaitu Boeing 747-400.

Sebelumnya, pesawat yang mengusung callsign “Ed Force One” tersebut menggunakan armada Boeing 757 dalam melayani Iron Maiden tur keliling dunia.

Dari website Flyteam diketahui Boeing 747-400 yang akan dipakai Iron Maiden keliling dunia adalah milik Air Atlantic Icelandic dengan registrasi TF-AMI. Saat ini pesawat tersebut masih disewa oleh maskapai Saudi Arabia.

Nantinya pesawat tersebut akan menggunakan livery “Ed Force One” khas Iron Maiden, yaitu dengan karakter setan Eddie yang digambar di vertical stabilizer, serta tulisan Iron Maiden dan “The Book of Souls World Tour” di bodi pesawat.

Seperti biasa, vokalis Bruce Dickinson juga akan memiloti sendiri Ed Force One dalam tur keliling dunia ini. Namun karena sebelumnya Dickinson diketahui memiliki rating Boeing 757, maka ia disebut menjalani latihan untuk menerbangkan jumbo jet 747.