American Airlines (TheDesignAir)
American Airlines (TheDesignAir)

AVIATREN.com – Seorang pilot maskapai American Airlines meninggal dunia saat bertugas. Pilot tersebut terbang dalam rute Phoenix – Boston pada Senin (5/10/2015) pagi waktu setempat.

Dikutip Aviatren dari The Verge, kopilot mengambil alih kendali penerbangan pesawat Airbus A321 tersebut dan mengalihkan pendaratan ke bandara terdekat, yaitu Syracuse Hancock International Airport untuk mencari pertolongan.

Syracuse, American 550, medical emergency, captain is incapacitated, request handling for runway,” demikian pinta kopilot kepada petugas ATC Syracuse.

Pesawat yang mengangkut 147 penumpang tersebut mendarat dengan selamat di bandara Syracuse pada pukul 7 pagi waktu setempat.

Pihak American Airlines mengakui bahwa American Airlines dengan nomor penerbangan 550 mengalihkan pendaratan (divert) ke Syracuse karena masalah kesehatan yang dialami pilot.

“Sayangnya, pilot kami meninggal dunia,” demikian pernyataan resmi American Airlines.

Kru pengganti kemudian disediakan American Airlines untuk terbang dari Syracuse ke Boston.

Pada 2009 lalu, kasus serupa juga dialami maskapai Continental. Pilot mengalami serangan jantung di tengah penerbangan, kopilot kemudian mendaratkan pesawat dengan selamat.

Insiden tersebut tidak diumumkan kepada penumpang untuk mencegah kepanikan.