Lockheed-Martin F-16V Lakukan Penerbangan Perdana

F-16V terbang perdana 16 Oktober 2015 di Forth Worth, Texas, AS. (Randy Crites/Lockheed martin

F-16V terbang perdana 16 Oktober 2015 di Forth Worth, Texas, AS. (Randy Crites/Lockheed martin).

AVIATREN.com – Lockheed Martin menyatakan sukses melakukan penerbangan perdana pesawat jet tempur generasi terbaru mereka, F-16V. Penerbangan perdana F-16V tersebut dilakukan pada 16 Oktober lalu di fasilitas produksi di Fort Worth, Texas, AS.

Sebelumnya, General Dynamics membawa cockpit demonstrator mereka ke hadapan sejumlah awak media di Jakarta, Indonesia, setelah peluncuran F-16V dilakukan di ajang Singapore Airshow 2012 lalu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Aviatren, F-16V “Viper” ini diklaim Lockheed-Martin┬ámengusung konfigurasi avionik terbaru, termasuk Center Pedestal Display, komputer misi yang dimodernisasi, Ethernet yang lebih kencang untuk mentransfer data, serta beberapa sistem misi yang telah ditingkatkan.

“Penerbangan perdana ini menandai pencapaian kami dalam hal evolusi F-16,” ujar Rod McLean, Vice President and General Manager Lockheed Martin’s F-16/F-22 Integrated Fighter Group.

McLean menjelaskan, F-16 terbaru ini memiliki banyak konfigurasi yang telah ditingkatkan sehingga memperkuat posisi F-16 sebagai pesawat tenpur generasi ke-4 yang tangguh dan teruji.

Radar AESA baru APG-83 SABR buatan Northrop Grumman juga dipasang dalam varian F-16 teranyar ini, memberikan kemampuan radar udara-udara dan udara-darat secara simultan.

Lockheed Martin mengklaim saat ini telah ada sekitar 4.500-an jet tempur F-16 yang dioperasikan berbagai negara.