Agusta Westland AW-101
Agusta Westland AW-101

AVIATREN.com – TNI Angkatan Udara (TNI-AU) berencana mengganti helikopter Super Puma yang biasa dipakai sebagai helikopter kepresidenan dengan armada yang baru. Pilihannya jatuh kepada Agusta Westland AW-101.

Dikutip Aviatren dari Kompas.com, Rabu (18/11/2015), rencana tersebut akan direalisasikan pada pertengahan tahun 2016.

Meskipun Super Puma masih layak terbang, ada pilihan baru yang lebih modern dan memberikan keamanan serta keselamatan Presiden atau Wakil Presiden saat kunjungan kerja ke pelosok daerah,” ujar Komandan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Marsekal Pertama (TNI) Umar Sugeng, Selasa (17/11/2015).

Rombongan penerbang dan teknisi dari TNI AU akan berangkat ke Perancis awal tahun depan untuk menjalani pelatihan.

“Diharapkan pada Hari Bhakti TNI AU pada 29 Juli tahun depan, helikopter baru tersebut sudah dapat diperkenalkan dan dapat dioperasikan untuk kunjungan kerja Presiden dan Wapres,” kata Umar.

Agusta Westland AW-101 akan dioperasikan oleh Skuadron Udara 45 VVIP yang berpangkalan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Saat ini, Skuadron 45 mengoperasikan helikopter kepresidenan jenis Super Puma buatan Perancis yang dirakit di PT Dirgantara Indonesia tahun 1980-an.

Agusta Westland AW-101 sempat muncul di film James Bond “Skyfall” yang dibintangi oleh aktor laga Daniel Craig pada 2012 lalu.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=NmsCH3RX3YM[/embedyt]

Berikut adalah foto-foto Agusta Westland AW-101 yang beraksi di film “Skyfall”, seperti dikutip Aviatren dari situs Fighter Control UK.