Singapore Airlines
Singapore Airlines

AVIATREN.com – Maskapai Singapore Airlines untuk pertama kalinya merekrut pilot wanita untuk menerbangkan pesawatnya.

AVIATREN mengutip dari The Straits Times pada Selasa (12/4/2016), situs berita itu mengatakan dua dari pilot-pilot wanita yang direkrut Singapore Airlines telah bergabung pada Agustus lalu sebagai kadet pilot.

Kini keduanya sedang menjalani pelatihan di Singapura dan Australia selama dua hingga tiga tahun, sebelum dirilis terbang dengan pesawat komersil.

Juru bicara Singapore Airlines, Nicholas Ionides mengonfirmasi kabar perekrutan pilot wanita oleh Singapore Airlines, namun menolak berkomentar soal berapa jumlah pilot wanita yang akan direkrut maskapai flag carrier Singapura itu.

Untuk diketahui, hingga kini Singapore Airlines memiliki 2.000-an pilot. “Kami akan merekrut siapa saja yang memenuhi persyaratan,” kata Ionides.

Lebih rendah dari rata-rata dunia

Maskapai lain di Singapura saat ini telah memiliki pilot-pilot wanita, seperti Silk Air, Scoot, Jetstar Asia dan Tigerair.

Di antara maskapai-maskapai Singapura itu, pilot wnaita hanya berjumlah kurang dari 1 persen populasi total pilot, dimana Singapore Airlines hanya berkontribusi sebesar 0,1 persennya.

Menurut International Society of Women Airlines Pilots, angka itu lebih rendah dibandingkan dengan angka rata-rata global yang sekitar 5 persen dari total jumlah pilot.

Singapore Airlines menolak untuk menjelaskan mengapa baru sekarang merekrut pilot wanita.