Penumpang AirAsia Indonesia di Bandara Soekarno Hatta (au.ibtimes.com)
Penumpang AirAsia Indonesia di Bandara Soekarno Hatta (au.ibtimes.com)

AVIATREN.com – AirAsia dan AirAsia X akan meniadakan konter check-in di bandara KLIA2 Kuala Lumpur, Malaysia mulai 18 Mei 2016. Sebagai gantinya, maskapai penerbangan murah itu akan menyediakan layanan self check-in secara menyeluruh.

Hal ini dikatakan AirAsia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5/2016), dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih lancar bagi para penumpang kedua maskapai.

Seluruh penumpang AirAsia dan AirAsia X disarankan untuk melakukan self check-in menggunakan berbagai pilihan yang tersedia, yaitu dengan check-in melalui website (web check-in), aplikasi telepon genggam (mobile check-in), atau kios check-in yang tersedia di bandara, sebelum menuju konter penyerahan bagasi (baggage drop counters) bagi penumpang yang membawa barang bagasi.

Bagi penumpang AirAsia, kemudahan melakukan web check-in dan mobile check-in tersedia sejak 14 hari
hingga 1 jam sebelum jadwal keberangkatan. Sementara, penumpang AirAsia X dapat menggunakan kemudahan tersebut sejak 14 hari hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Penumpang yang membawa barang bagasi kini juga dapat menggunakan fasilitas penandaan bagasi mandiri (self bag tag). Layanan canggih ini memudahkan penumpang mencetak penanda bagasinya sendiri di rumah atau melalui kios pencetak tanda bagasi yang tersedia di KLIA2.

Para penumpang dapat mengunjungi www.airasia.com untuk mempelajari video cara memanfaatkan berbagai fasilitas layanan mandiri (self-service) dan merasakan pengalaman baru yang lebih cepat dengan berbagai kemudahan ini.