B777-300ER Garuda Indonesia
B777-300ER Garuda Indonesia

AVIATREN.com – Garuda Indonesia mengonfirmasi akan terbang kembali ke Amerika Serikat (AS) pada 2017 nanti. Penerbangan itu akan melalui jalur timur dan akan singgah di Tokyo, Jepang.

Rencana Garuda Indonesia ini menyusul masuknya Indonesia ke dalam daftar kategori 1 peringkat FAA yang berhasil diraih Agustus 2016 lalu.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2016) mengatakan, rencana membuka kembali penerbangan ke Amerika Serikat merupakan respon terhadap hasil positif dari FAA, dan memang merupakan salah satu bagian dari rencana strategis Garuda Indonesia.

“Rencana penerbangan ke AS merupakan ekspansi bisnis yang dapat memperkuat posisi Garuda Indonesia sebagai pemain global dalam industri penerbangan. Dengan diakuinya standar keamanan dan keselamatan penerbangan Indonesia oleh FAA di kategori I, maka kami segera melakukan upaya agar rencana ini dapat terwujud lebih cepat,” kata Benny.

Untuk diketahui, Indonesia sempat diturunkan ke kategori 2 oleh FAA pada 2007 dan dilarang terbang ke AS. Menurut Garuda, kota-kota tujuan yang akan disasar di AS antara lain adalah Los Angeles dan New York.

Garuda Indonesia sendiri saat ini juga memiliki kerja sama codeshare dengan maskapai AS, Delta Air Lines melalui hub di Tokyo.