Bandara Adisutjipto Yogyakarta (Instagram Bandara Adisutjipto)

AVIATREN.com – Bandara Adisutjipto di Yogyakarta akan menambah bahasa Jawa sebagai kelengkapan di papan informasi dan pengumuman. Bahasa Jawa melengkapi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang telah digunakan sebelumnya.

Penggunaan bahasa Jawa di bandara Adisutjipto ini diungkapkan oleh Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Israwadi, dalam keterangan pers yang diterima Aviatren, Senin (17/7/2017).

“Bahasa Jawa, bahasa dan dialek yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa kini dapat langsung dirasakan di bandara,” ujar Israwadi.

“Penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Adisutjipto akan merasakan nuansa khazanah budaya Yogyakarta dengan hadirnya informasi announcement yang menggunakan bahasa Jawa,” imbuhnya.

Dengan penambahan bahasa dalam penyampaian informasi announcement, Israwadi berharap dapat menghadirkan nuansa “keramahan” Yogyakarta di bandara.

Hal itu sekaligus untuk mengenalkan dan mempromosikan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang melalui Bandara Adisutjipto.