AVIATREN.com – Maskapai Low Cost Carrier (LCC) asal Vietnam, VietJet meresmikan rencana pembukaan rute Jakarta - Ho Chi Minh City (HCMC). Peresmian pembukaan rute tersebut dilakukan di Jakarta, Selasa, (22/8/2017) lalu.

Vice President Business Development VietJet, Dinh Viet Phuong mengatakan, dengan populasi 250 juta orang, Indonesia merupakan pasar yang potensial selain Singapura, dan Malaysia.

Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya menyambut baik rencana penerbangan rute baru tersebut. Ia mengatakan, dengan adanya LCC baru tersebut, Indonesia semakin terkoneksi dari segi bisnis dan pariwisata.

“Prinsip yang bisa kita ambil dari pembukaan penerbangan Internasional ini lebih terkoneksinya hubungan bisnis antar kedua negara, yang kita tahu Indonesia dan Vietnam cukup favorit juga dalam hal wisata di Asia Tenggara. Jadi harapannya bisa saling memajukan,” ujar Budi Karya dalam kesempatan yang sama.

Penerbangan perdana VietJet ditargetkan akan berlangsung mulai 20 Desember 2017, dan akan beroperasi setiap hari. Saat ini pihak VietJet masih melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh Kementerian Perhubungan. 

Nantinya perjalanan udara yang menempuh waktu tiga jam ini akan berangkat dari Jakarta pukul 01.40 dini hari, dan mendarat di HCMC pukul 04.40 pagi. Sedangkan rute sebaliknya berangkat pukul 20.40 dan tiba di Jakarta pada 23.40 WIB. Tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Vietnam.

“Nanti akan diarahkan ke terminal dua Bandara Soekarno Hatta dulu untuk pertama kali ya. Sedangkan tarif kita belum bicara sampai sana, yang jelas kita juga ada ketentuan tarif yang harus dipatuhi,” terang Budi Karya.

Pihak VietJet sendiri lebih memilih Jakarta karena merupakan pintu masuk yang umum untuk bisnis maupun pariwisata. Setelah Jakarta, VietJet baru berencana membuka penerbangan Bali-HCMC.