Kesepakatan ditentukan minggu depan. Jika kabar ini benar, maka kesepakatan ini muncul setelah perselisihan Qatar dengan Airbus.
Boeing 777X di Qatar.

AVIATREN.com – Maskapai Qatar Airways dikabarkan sedang dalam proses pembicaraan dengan pabrikan pesawat AS, Boeing tentang potensi pemesanan pesawat kargo baru, yang diduga kuat adalah B777X.

Kabar ini pertama kali diberitakan oleh Reuters. Menurut kantor berita tersebut, dua sumber dalam yang dekat dengan permasalahan ini mengatakan kesepakatan antara Qatar dan Boeing bisa ditandatangani paling cepat minggu mendatang, saat emir penguasa negara itu mengunjungi Washington.

Qatar Airways sedang mempertimbangkan untuk memperbarui armada pesawat freighter mereka, yang ada sekitar 34 pesawat, dengan versi B777X baru.

Kesepakatan ini disebut mencakup 50 pesawat kargo B777x dengan potensi nilai kontrak mencapai 14 miliar dollar AS (sekitar Rp 200 triliun), kata sumber tersebut. Qatar telah mengindikasikan bersedia untuk membeli sebanyak 50 pesawat kargo, dengan opsi jumlah yang lebih banyak lagi di kemudian hari.

Baik Qatar maupun Boeing belum memberikan komentarnya terkait rumor Qatar ingin beli 50 B777X ini.

Namun jika benar terjadi, maka kesepakatan ini muncul setelah perselisihan antara Qatar Airways dengan Airbus, yang protes soal cat pesawat A350 mereka yang harus digrounded, akibat cat yang mengelupas.

Buntut dari perselisihan itu, Airbus membatalkan pesanan 50 pesawat Airbus A321neo pesanan Qatar. Sebelum dibatalkan, puluhan pesawat tersebut tadinya bakal digunakan untuk memperluas pasar Qatar Airways, dan bakal mulai dikirimkan pada Februari 2023 mendatang.