Pilatus Aircraft Ltd

AVIATREN.com – Pesawat yang membesarkan nama Pilatus, PC-6 Porter, menjumpai masa akhirnya. Pilatus berencana menghentikan produksi pesawat legendaris tersebut pada 2019 nanti.

PC-6 Pilatus Porter pertama kali diproduksi sejak 1959, produksinya pun tak banyak. Situs resmi Pilatus menyebut produksi PC-6 Porter hanya sepuluh pesawat per tahun. PC-6 juga menjadi salah satu pesawat yang paling lama diproduksi di lini Pilatus.

Meski mulai menyetop produksi PC-6, namun Pilatus bakal tetap memberikan dukungan kepada konsumennya hingga 20 tahun mendatang. Demikian dikutip AVIATREn dari situs resmi Pilatus, Rabu (30/8/2017).

Hingga kini, Pilatus mengklaim telah memproduksi 500 PC-6 di fasilitas produksinya di Stans, sejak 1959. Setidaknya 100 pesawat juga diproduksi di Amerika Serikat di bawah lisensi.

PC-6 Pilatus Porter dikenal ketangguhannya di medan berat, seperti runway tanah, kemampuan takeoff pendek dan mendarat di berbagai jenis permukaan. Karena itulah PC-6 Pilatus Porter mendapatkan reputasinya.

Salah satu pencapaian PC-6 Pilatus Porter adalah mengangkut kargo dan penumpang dengan kapasitas maksimum di ketinggian 5.700 meter di atas permukaan laut. Pilatus mengklaim rekor itu belum bisa diungguli hingga kini.

Di Indonesia sendiri Pilatus PC-6 Porter banyak dioperasikan di pegunungan Papua, oleh beberapa maskapai, seperti Susi Air.