AirAsia Klaim 100 Persen Karyawan Sudah Divaksin, Siap Beroperasi Lagi?

AirAsia Group

AVIATREN.com – AirAsia mengumumkan bahwa seluruh karyawan mereka telah melakukan vaksinasi Covid-19. Karena telah divaksin 100 persen, maka maskapai penerbangan asal Malaysia itu memastikan bahwa pihaknya siap untuk kembali membuka operasional penerbangan dalam waktu dekat.

‚ÄúSebagai bagian dari prosedur keselamatan ketat AirAsia, kami mengumumkan bahwa semua kru operasional dan staf garis depan kami yang melayani tamu, termasuk pilot, awak kabin, dan staf bandara telah divaksinasi penuh dan siap untuk kembali bekerja,” ujar CEO AirAsia Group, Tony Fernandes dalam sebuah pengumuman.

Tony tidak menyebutkan kapan AirAsia bakal kembali membuka operasional penerbangan. Namun, ketika nantinya sudah beroperasi kembali, Tony memastikan pihaknya bakal menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan yang cukup ketat demi kenyamanan penumpang. Di antaranya mencakup:

  • Menyediakan fitur pembayaran dan check-in tanpa kontak fisik
  • Menyediakan fasilitas penitipan tas otomatis
  • Menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk staf
  • Melakukan pembersihan secara teliti dan berkala
  • Melakukan proses verifikasi dokumen medis melalui aplikasi AirAsia
  • Menyediakan penyaring udara HEPA filter di seluruh pesawat

Operasional penerbangan masih ditangguhkan

Sekadar informasi, AirAsia sendiri saat ini masih memangkas serta menangguhkan operasional penerbangannya di sejumlah wilayah, seiring dengan meningkatkan kasus Covid-19 di seluruh Asia.

Langkah tersebut dilakukan sejak Juli lalu untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah operasional AirAsia, terutama varian Delta.

Divisi penerbangan Thai AirAsia, misalnya, sudah menyetop operasional penerbangan pada 12-31 Juli lalu, sebelum diperpanjang lagi hingga bulan Agustus kemarin. Langkah ini turut diiringi dengan penghematan biaya operasional, termasuk pemotongan gaji sejumlah staf yang masih bekerja.

Selain Thai AirAsia, AirAsia Indonesia juga melakukan penyetopan operasional penerbangan sementara mulai selama satu bulan penuh, dari 6 Juli – 6 Agustus lalu, sebelum kembali diperpanjang satu bulan lagi hingga bulan September ini.

Belum bisa dipastikan kapan AirAsia, termasuk AirAsia Indonesia akan kembali membuka operasional penerbanganannya. Tony hanya mengatakan bahwa hal tersebut mungkin akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Saya berharap kami bisa kembali membuka operasional penerbangan kami dalam beberapa minggu ke depan. Namun yang terpenting, kami sudah siap untuk kembali melayani penumpang,” pungkas Tony.