Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta

AVIATREN.com - Seluruh penerbangan internasional di bandara Soekarno-Hatta akan dipindah operasionalnya ke Terminal 3 Ultimate. Pemindahan operasional penerbangan internasional ke Terminal 3 akan dilakukan pada Mei 2018. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

“Kita pastikan, Terminal 2 akan berpindah ke Terminal 3 internasional paling lambat bulan April atau Mei,” ujar Awaluddin seperti dikutip AVIATREN dari Kompas.com, Jumat (23/2/2018). 

Menurut Awaluddin, nantinya setelah semua penerbangan internasional berpindah ke Terminal 3, Terminal 2 seluruhnya digunakan untuk penerbangan domestik. Saat ini, Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta mempunyai kapasitas hingga 10 juta penumpang.

“Nanti Terminal 2 juga termasuk untuk penerbangan umrah. Dan sekaligus kami akan lakukan revitalisasi,” kata Awaluddin.

Untuk diketahui, saat ini maskapai yang penerbangan internasional yang sudah beroperasi di Terminal 3 antara lain, Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Vietnam Airlines, Korean Air, Xianmen Airlines, China Airlines, China Southern Airlines, Indonesia AirAsia International, serta Indonesia AirAsia Extra International.

Sementara, Untuk di Terminal 2D, ada All Nippon Airways, Singapore Airlines, Cathay Pacific Airways, Philippine Airlines, EVA Air, Etihad Airways, Asiana Airlines, Qatar Airways, Scoot Airlines, Jetstar Airways, Emirates, SriLankan Airlines, serta Cebu Pacific.

Di Terminal 2E, ada maskapai Lion Air, Batik Air, Malindo Air, Thai Lion Air, Malaysia Airlines, Royal Brunei Airlines, Japan Airlines, Qantas, Air China, Oman Air, Thai Airways, Turkish Airlines, KLM Royal Dutch Airlines, dan China Eastern Airlines.