A320neo ke-50 Airbus dikirim untuk Citilink.

AVIATREN.com – PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk dan PT Citilink Indonesia (Citilink) menyepakati kontrak kerja sama Component Pooling untuk pesawat jenis Airbus A320 milik Citilink, Rabu (6/6/2018) lalu.

Bertempat di Jakarta, penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto dan Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo. 

Menurut Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto, sinergi antara dua entitas Garuda Indonesia Group ini merupakan bentuk komitmen GMF untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap Citilink sebagai salah satu Key Account Customer-nya.

“Kami bersyukur bahwa GMF telah berhasil mengambil Bisnis Perawatan Komponen milik Citilink setelah menambah kapabilitas workshop komponen kami. Sebelumnya pekerjaan untuk Citilink ini dikerjakan penyedia jasa perawatan pesawat diluar afiliasi Garuda Indonesia Group,” tambah Iwan.

Ia juga mengatakan bahwa kerja sama dengan skema Component Pooling ini mencakup penyediaan komponen sebanyak 800 Part Numbers untuk 18 pesawat A320 milik Citilink dengan jangka waktu selama 5 tahun.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo menyambut baik sinergi ini. Ia mengatakan, dengan kapabilitas yang dimiliki GMF saat ini, menjadi satu jaminan bagi keberlangsungan operasional Citilink agar berjalan dengan optimal.

“Kami mengapresiasi improvement yang ditunjukkan GMF dalam mengembangkan kapabilitasnya sebagai MRO kelas dunia khususnya dalam Component Pooling ini,” ujarnya.

Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto juga mengatakan bahwa Kerja sama ini merupakan pekerjaan perawatan komponen dengan skema Component Pooling perdana bagi GMF. Pekerjaan ini juga menjadi etalase bagi GMF untuk dapat memasarkan produknya kepada maskapai lain, baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Pada kerja sama awal ini, GMF diproyeksikan dapat membukukan pendapatan 1,6 juta dolar AS per tahunnya. Angka yang diraup akan terus berkembang seiring dengan penambahan coverage part numbers dan armada Citilink.

Iwan menambahkan pihaknya yakin akan memberikan nilai tambah bagi Citilink dan customer lainnya dalam bisnis Component Pooling ini.

“Skema component pooling ini dapat memberikan efisiensi kepada maskapai,” katanya.