Petugas bagasi Lion Air.

AVIATREN.com – Lion Air dan Wings Air menghapus kebijakan bagasi cuma-cuma (Free Baggage Allowance), utuk penerbangan setelah 8 Januari 2019. Hal ini diketahui lewat surat edaran Lion Air Group kepada sejumlah travel agent di Indonesia.

Namun dalam surat tersebut tidak disebutkan berapa harga/biaya tambahan untuk bagasi penumpang. Banyak yang bertanya soal biaya bagasi Lion Air dan Wings Air.

Aviatren mendapat bocoran foto yang menampilkan harga/biaya bagasi tambahan Lion Air dan Wings Air. Dari bocoran yang diambil dari website travel agen Lion Air Groups tersebut, Lion Air membagi biaya bagasi berdasar bobot.

Adapun harga/biaya bagasi Lion Air dan Wings Air terbagi menjadi enam kelompok, yakni mulai bobot 5 kg hingga lebih dari 30 kg. Kemungkinan harga bagasi bisa berbeda-beda berdasar rute/lama perjalanan.

Berikut adalah daftar harga biaya bagasi Lion Air dan Wings Air:

+5 Kg Rp 180.000
+ 10 kg Rp 360.000
+ 15 Kg Rp 540.000
+ 20 kg Rp 720.000
+25 kg Rp 900.000
+30 kg Rp 1.080.000

Jika melihat skema di atas, maka biaya bagasi per kilonya didapat Rp 36.000. Namun sekali lagi, kemungkinan harga bagasi di atas bisa berbeda-beda berdasar rute/lama perjalanan.

Calon penumpang dengan tiket yang diterbitkan setelah 8 Januari, bisa membeli voucher bagasi (Prepaid Baggage) melalui travel agent, Website Lion Air, atau kantor penjualan Lion Air Group.

Daftar biaya bagasi Lion Air dan Wings Air

Lion Air juga menjelaskan bahwa Prepaid baggage ini berbeda dengan Excess baggage (kelebihan bagasi). Biaya Prepaid baggage dijamin lebih murah dari excess baggage. Prepaid baggage juga bisa dibeli saat tiket di-issued atau setelahnya.

Prepaid baggage dapat dibeli paling lambat 6 (enam) jam sebelum jam keberangkatan penerbangan.

Bagasi cuma-cuma adalah bagasi yang dimasukkan ke dalam kompartemen bagasi. Untuk barang bawaan hand-carry (ditenteng) ke dalam kabin, tidak termasuk di dalamnya.