Garuda Indonesia dan Lion Air Kerja Sama Bikin Bengkel Pesawat?

Hangar GMF AeroAsia di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

AVIATREN.com – Dua maskapai besar Indonesia, Garuda Indonesia dan lion Air dikabarkan akan menjalin kerja sama. Bukan dalam hal rute penerbangan, namun dalam hal perawatan pesawat.

Anak usaha Garuda Indonesia, GMF AeroAsia dan anak usaha Lion Air, Batam Aero Technic akan membuat usaha bersama (joint venture) dalam hal perawatan pesawat, mesin, komponen, dan tire retread (vulkanisir ban).

Hal itu diungkap dalam sebuah dokumen yang didapat oleh Reuters, seperti dikutip AVIATREN, Jumat (18/1/2019).

Menurut dokumen yang ditandatangani pada Kamis (18/1) malam itu, GMF AeroAsia dan Batam Aero Technic akan bersama-sama mendirikan industri MRO (maintenance, repair, overhail) di Indonesia.

GMF AeroAsia dan Batam Aero Technic sendiri selain merawat pesawat-pesawat masing-masing maskapai (Garuda Indoensia dan Lion Air Group), juga bersaing mendapat klien-klien dari pihak luar.

Keduanya selain bersaing satu sama lain, juga bersaing dengan pemain di Asia Tenggara, seperti Singapore Technologies Engineering dan SIA Engineering.

Sementara pabrikan pesawat dan mesin seperti Airbus, Boeing, dan Rolls-Royce belakangan menawarkan paket penjualan yang menyertakan perawatan dan suku cadang.

Pihak Lion Air dan GMF AeroAsia belum bisa dimintai keterangan soal ini, namun Reuters mengaku telah memiliki dokumen kerja sama tersebut yang telah ditandatangani.