Batik Air

AVIATREN.com – Maskapai Batik Air digunakan oleh pemerintah RI untuk memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, yang terjebak karena merebaknya virus Corona.

Pesawat yang akan digunakan adalah armada Airbus A330. Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengonfirmasi hal tersebut.

“Iya benar. Akan menggunakan 1 pesawat berjenis Airbus 330-300 maskapai Batik Air,” kata Danang dikutip AVIATREN dari Kompas.com, Sabtu, (1/2/2020).

Menurut Danang, Batik Air A330 yang mengevakuasi WNI dari Wuhan akan mendarat di bandara Hang Nadim, Batam pada hari ini juga, sekitar pukul 19.00 WIB.

Pihaknya menganggap diperbantukannya Lion Air Group dalam memulangkan WNI dari Wuhan adalah sebagai misi kemanusiaan dan mendukung negara.

Sebelumnya, TNI AU juga telah menyiagakan pesawat B737 dan C130 Hercules untuk memulangkan WNI di Wuhan akibat virus Corona.

Namun A330 Batik Air diputuskan untuk dipakai untuk misi tersebut belakangan, kemungkinan karena faktor operasional, 737-400 TNI AU tidak bisa terbang langsung ke Wuhan, harus melakukan technical stop.

Selain itu, TNI AU juga memiliki misi ke Australia dalam rangka membantu pemadaman kebakaran hutan. Misi tersebut juga berangkat pada hari ini, Sabtu (1/1/2020).