Telkomsel Terbangkan Drone Jelajahi Indonesia

Drone Telkomsel.

Drone Telkomsel.

AVIATREN.com – Telkomsel menerbangkan pesawat tanpa awak (drone) dari Sabang dan Merauke, yang akan merekam dan mengalirkan video secara langsung (live streaming) dengan menggunakan jaringanbroadband miliknya.

Proyek yang diberi nama Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) itu digelar Telkomsel untuk menguji jaringan broadband miliknya.

Selama penerbangan, drone akan menangkap berbagai keindahan geografis nusantara, secara live disiarkan video streaming di web.

Adapun video penerbangan drone tersebut bisa diikuti dengan mengunjungi tautan URL berikut ini:https://elangnusa.telkomsel.com.

Telkomsel menerbangkan dua unit drone yang masing-masing berangkat dari Sabang (Elang Barat) dan Merauke (Elang Timur) pada 14 April 2016. Kedua drone kemudian akan bertemu atau mendarat di Bali pada 14 Mei 2016. Jarak yang diterbangi drone kurang lebih 8.500 kilometer.

Ini sekaligus sebagai uji coba bagaimana sarana broadband yg dibangun Telkomsel dan bagaimana Telkomsel bisa meningkatkan kualitas layanannya.

Drone Telkomsel bisa terbang di ketinggian 150-200 meter di atas permukaan tanah, dengan kecepatan sekitar 70 knots. Sekali terbang, drone Telkomsel bisa bertahan di udara selama 5 jam.

Telkomsel mengaku sudah mengurus izin terbang drone tersebut ke Departemen Perhubungan dan AirNav.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *