Air India B787
B787 Air India

AVIATREN.com – Maskapai Air India menyewa slot penerbangan di bandara Heathrow, London, Inggris dari maskapai Garuda Indonesia. Ada tiga slot penerbangan yang disewa Air India dari Garuda Indonesia, yakni pada Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Garuda Indonesia sendiri telah menghentikan rute ke London Heathrow dari Denpasar via Kuala Namu. Penerbangan terakhir rute tersebut dilakukan pada 1 Februari 2020 lalu.

Sewa slot tersebut akan berlangsung selama dua tahun dan akan habis pada akhir musim panas 2021. Air India sendiri bakal menggunakan slot di London Heathrow tersebut untuk penerbangan dari Mumbai menggunakan armada B787-8.

Penerbangan dengan slot tersebut (AI127/128) telah dijadwalkan dan akan beroperasi setelah larangan penghentian penerbangan dicabut, akibat wabah penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona.

Dikutip AVIATREN dari Ch-Aviation, Air India berencana mengoperasikan 32 penerbangan dalam seminggu ke London Heathrow, termasuk penerbangan 2x per hari dari Delhi International Airport (B788), 11x dalam seminggu dari Mumbai (dengan B777-300 (ER), dan 4x seminggu dengan B788 (termasuk 3 slot dari Garuda).

Selain itu ada pula penerbangan 4x seminggu dari Ahmedabad, dan 3x seminggu dari Bangalore, yang keduanya  menggunakan pesawat B788.