American Airlines B737 MAX.

AVIATREN.com – Maskapai AS, American Airlines berencana mengoperasikan kembali pesawat Boeing B737 MAX untuk mengangkut pennumpang, sebelum akhir 2020 ini.

Saat ini, rencana itu masih menunggu sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan keselamatan penerbangan Amerika Serikat, FAA.

Menurut juru bicara American Airlines kepada Reuters, maskapai akan mengoperasikan 737 MAX untuk rute Miami-New York, mulai 29 Desember hingga 4 Januari.

Penerbangan tersebut bakal bisa dipesan mulai 24 Oktober ini.

“Kami tetap berkabar dengan FAA dan Boeing soal proses sertifikasi, dan kami akan akan mengupdate rencana kami berdasar pada kapan pesawat tersertifikasi,” ujar pernyataan American Airlines.

FAA sendiri belum mengeluarkan perkiraan kapan B737 MAX boleh kembali beroperasi.

“Kami akan mencabut larangan terbangnya hanya setelah para ahli di FAA menyatakan puas, dan pesawat memenuhi standar sertifikasi,” demikian pernyataan FAA.

Pesawat Boeing 737 MAX dilarang terbang di seluruh dunia menyusul dua kecelakaan berturut-turut, yakni Lion Air JT610 pada Oktober 2018 dan Ethiopian ET302 pada Maret 2019, yang menewaskan lebih dari 300 penumpang dan kru.

Regulator penerbangan Amerika Serikat (FAA) kemudian memberlakukan larangan terbang (grounded) pada B737 MAX di seluruh dunia, karena diduga keduanya jatuh akibat faktor yang sama, yakni software MCAS.

Boeing kemudian mengajukan sejumlah perbaikan pada software MCAS, dan membuat panduan pelatihan baru bagi pilot-pilot yang menerbangkannya.

FAA dan EASA telah melakukan evaluasi terhadap pembaruan tersebut pada September 2020 lalu. Kini keduanya sedang melakukan evaluasi dari hasil pengujian.