Bagasi kabin (overhead bin)

AVIATREN.com – Italia melarang penumpang pesawat membawa bagasi ke dalam kabin, dan menyimpan di overhead bin (bagasi kabin bagian atas). Larangan ini berlaku untuk semua penerbangan domestik dan internasional, efektif mulai 26 Juni.

Komite keselamatan transportasi udara Italia, ENACA mengatakan larangan tersebut demi alasan kesehatan, di masa pandemi Covid-19 ini. Meski demikian, tas kecil yang masih bisa ditaruh di bawah kursi masih diperbolehkan.

Dengan demikian, seluruh penumpang, baik penerbangan jarak pendek atau jauh, wajib menyimpan tas koper dan barang bawaan lainnya di dalam kargo penyimpanan pesawat.

Dikutip AVIATREN dari The Local, Senin (29/6/2020), penumpang tidak wajib membayar jika menyimpan tas mereka di kargo perut pesawat.

Sementara itu, aturan social distancing di dalam kabin pesawat sudah tidak berlaku lagi di Italia. Penumpang kini tidak perlu duduk berjauhan, atau kursi tengah dikosongkan.

Sebelumnya, Italia mewajibkan penumpang pesawat wajib berjarak satu meter, sehingga memangkas separuh kapasitas jumlah penumpang yang bisa diangkut.

Aturan itu kini dicabut, asalkan maskapai menggunakan peranti filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) di dalam pesawat yang dioperasikan.

IATA mengklaim filter HEPA bisa menangkap lebih dari 99 persen mikrobioba di udara, dan menjaga udara segar tetap berhembus, sehingga udara di kabin terus diganti dalam dua atau tiga menit.

Selain itu, penumpang juga tetap diwajibkan menggunakan masker di dalam pesawat, dan mengisi formulir perjalanan udara.