Overhaul dua unit Helikopter Bell 412 TNI-AD ini dilakukan di dalam negeri oleh PT Black Diamond Heliaero.
Dua Helikopter Bell 412 EP HA-5179 dan HA-5185 selesai overhaul
Dua Helikopter Bell 412 EP HA-5179 dan HA-5185 selesai overhaul

AVIATREN.com – Dua unit alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Darat (AD), yaitu helikopter Bell 412 EP HA-5179 dan HA-5185, telah menjalani proses perbaikan (overhaul) dan kini telah kembali ke armada TNI AD.

Proses penyerahan tersebut berlangsung di Skadron-11/Serbu Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (27/10/2021), dan disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Adapun overhaul dua unit Helikopter Bell 412 ini sebelumnya dilakukan oleh PT Black Diamond Heliaero, yang selanjutnya diserahkan kepada Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Danpuspenerbad), Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Proses overhaul sendiri berlangsung selama 40 bulan, dan bertujuan untuk perawatan sesuai dengan maintenance manual yang ada di buku manufaktur helikopter.

Minta dijaga baik-baik

Dalam momen ini, Prabowo turut memberikan penghargaan tertinggi dan berterima kasih kepada Danpuspenerbad beserta jajarannya atas suksesnya acara penyerahan tersebut, sekaligus meminta TNI AD untuk merawat dua unit alutsista tadi dengan sebaik-baiknya.

“Rakyat kita menginginkan alutsista agar dapat digunakan dan dirawat sebaik-baiknya,” ujar Prabowo, dalam keterangan tertulis, dilansir Kompas.com dan dikutip Aviatren, Minggu (31/10/2021).

Saat ini, Prabowo mengatakan pihaknya terus memperhatikan pemeliharaan alutsista TNI yang optimal, seiring memenuhi kebutuhan alutsista TNI. Hal itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional TNI dan mewujudkan zero accident.

Prabowo juga menegaskan komitmen Kementerian Pertahanan dalam mendukung perawatan alutsista TNI, yang bisa diwujudkan dengan memaksimalkan penggunaan anggaran pertahanan, baik pengadaan maupun perawatan alutsista TNI itu sendiri.

Content Writer

View all posts