Fokker 50 TransNusa

AVIATREN.com – TransNusa mengumumkan pihaknya telah menjadi maskapai berbiaya rendah (low-cost carrier/LCC) yang bakal resmi beroperasi di Indonesia.

Hal itu sampaikan pihak TransNusa melalui sebuah unggahan di akun Instagram @transnusa.idn.

“Terima kasih semua atas dukungan nya kepada TransNusa hingga saat ini, TransNusa akan hadir kembali dengan konsep Maskapai Berbiaya Rendah (LCC), tunggu kami terbang kembali untuk meramaikan langit biru Nusantara,” tulis TransNusa dalam sebuah postingan.

Selain itu, dalam teaser foto yang dibagikan di akun Instagram, TransNusa nampaknya juga akan mengoperasikan tipe pesawat Airbus A320.

Meski mengumumkan sebagai maskapai LCC, pihak TransNusa saat ini belum mengumbar informasi terkait operasinya di Indonesia.

Yang jelas, maskapai tersebut dipastikan bakal kembali membuka layanan penerbangan pada awal 2022 mendatang. Kepastian itu merujuk kepada upaya maskapai yang beberapa waktu lalu sempat mengajukan kembali sertifikasi untuk melakukan penerbangan udara (Air Operator Certificate/AOC).

Managing Director TransNusa, Bayu Sutanto mengatakan bahwa pihaknya harus mengajukan AOC kembali karena sertifikat AOC sebelumnya telah kedaluwarsa.

“Setiap tahun ada persyaratan bagi maskapai untuk menyediakan sejumlah penerbangan di angka tertentu, tetapi karena situasi (Covid-19), kami tidak dapat melakukan penerbangan, sehingga AOC kami telah kedaluwarsa,” jelas Bayu dalam sebuah pernyataan kepada SmartAviation beberapa waktu lalu.

Bayu menambahkan, TransNusa sendiri rencananya bakal kembali membuka penerbangan setidaknya pada Desember 2021 atau Januari 2022 mendatang, namun itu bergantung pada rampungnya proses AOC.

“Jadi, penerbangan kami kemungkinan bakal dibuka kembali selambat-lambatnya pada Februari 2022 mendatang,” imbuh Bayu.

Sebelumnya, maskapai TransNusa sendiri menyetop operasi penerbangannya pada September lalu karena Covid-19.

Kala itu, pesawat yang digunakan untuk operasional penerbangan adalah ATR 42 dan ATR 72. Bayu mengonfirmasi bahwa penerbangan awal tahun 2022 nanti juga bakal menggunakan kedua model pesawat tersebut.

Content Writer

View all posts