Angkasa Pura I juga mengungkap tiga bandara yang paling ramai dikunjungi penumpang menjelang momen liburan akhir tahun.
Ilustrasi penumpang

AVIATREN.com – Menjelang momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), jumlah penumpang di 15 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP I) meningkat.

Hal ini disampaikan Vice Corporate Secretary AP I, Handy Heryudhitiawan. Menurut Handy, pada periode 1-14 Desember 2021, seluruh bandara milik perseroan tersebut rata-rata melayani 120.086 penumpang per hari atau total 1,69 juta.

Sedangkan frekuensi penerbangan tercatat mencapai 17.179 atau rata-rata 1.227 pergerakan pesawat per hari.

“Memang mulai terjadi peningkatan penumpang, namun belum terlalu signifikan jika dibandingkan masa sebelum pandemi Covid-19,” ujar Handy, dikutip Aviatren dari Tempo.co, Senin (20/12/2021).

Terkait jumlah penumpang sebelum pandemi Covid-19, Handy mengatakan bahwa angka rata-ratanya bisa menembus 224.580 per hari. Sedangkan frekuensi penerbangan pesawat pada masa normal mencapai 1.917 pergerakan per hari.

Terlepas dari jumlah penumpang dan pergerakan pesawat, Handy juga membeberkan tiga bandara AP I yang paling ramai dikunjungi penumpang menjelang momen liburan akhir tahun.

Posisi pertama ada Bandara Juanda, Surabaya dengan jumlah penumpang mencapai 338.264 orang.

Posisi selanjutnya disusul oleh Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Bandara tersebut melayani 338.188 penumpang. Sementara itu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali tercatat melayani 309.187 penumpang.

Meski terpantau lebih ramai, Handy menekankan pihaknya bakal tetap menjaga agar penerbangan dan operasional bandara menjelang hingga pada momen Nataru nanti berjalan dengan lancar.

Selain itu, Handy juga mengatakan pihak AP I bakal menyiapkan posko terpadu yang melibatkan instansi lain, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, operator maskapai, TNI/Polri, dan Satgas Covid-19.

“Kami akan memastikan implementasi protokol kesehatan dijalankan dengan ketat untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat,” pungkas Handy.

Content Writer

View all posts