Terminal 1 Bandara Soetta Dikaji untuk Dioperasikan Lagi

Bandara Soekarno-Hatta

AVIATREN.com – Setelah Terminal 1 ditutup sejak 2019 lalu karena renovasi, PT Angkasa Pura II (AP II) akhirnya bakal mempertimbangkan untuk membuka kembali Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Hal ini disampaikan Executive General Manager (EGM) Airport Operation Division AP II, Eri Braliantoro. Menurut Eri, hal ini dilakukan demi mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Pertimbangan ini juga muncul lantaran dalam beberapa waktu terakhir, Eri mengklaim jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta meningkat. Sehingga, tak menutup kemungkinan pada momen Nataru nanti bakal meningkat juga.

“Memang beberapa hari belakang ada peningkatan penumpang di Terminal 2, kami saat ini sedang kaji pembukaan Sub-Terminal 1, kami lihat saat ini di T2 sudah padat, kami pastikan terkait prokes akan jadi pegangan kami dan acuan kami,” jelas Eri, dikutip Aviatren dari IDXChannel, Rabu (22/12/2021).

Eri tidak menyebutkan kapan Terminal 1 bakal dibuka kembali. Pasalnya, pihak AP II saat ini tengah melakukan uji coba last flight (penerbangan terakhir) dengan dua maskapai di Terminal 1A.

“Sebetulnya last flight itu ada dari Sriwijaya Air dan Nam Air baru kemarin. Otomatis sore hari sudah berjalan dan kami kaji terus. Belum ada hasil kajian, saat ini masih proses (kajian) karena (masih) hari pertama,” jelas Eri.

Terkait trafik penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Eri memprediksi bahwa puncak peningkatan penumpang untuk arus keberangkatan bakal terjadi pada 24 Desember 2021 mendatang, disusul dengan puncak arus balik pada 2 Januari 2022 mendatang.

“Puncaknya kami perkirakan ada penambahan (penumpang) 20-25 persen, dan itu ada di H-1 Natal dan arus balik H+1 tahun baru,” pungkas Eri.