Misi peluncuran Above the Clouds ini memungkinkan satelit mengorbit sekitar 500 km dari permukaan bumi dengan sudut kemiringan 45 derajat.
Pesawat 747 Virgin Orbit

AVIATREN.com – Pesawat-pesawat penumpang yang sudah berumur biasanya diubah menjadi pesawat kargo, dikandangkan, atau dipreteli.

Namun, hal itu tidak dialami pesawat Boeing 747 Virgin Atlantic “G-VWOW” yang beroperasi dari 2001-2015 lalu, yang kini memiliki tugas baru untuk membawa roket yang berisi aneka satelit dan meluncurkannya keluar orbit bumi.

Dalam misi peluncuran terbarunya pekan lalu yang bertajuk “Above the Clouds”, pesawat yang dijuluki “Cosmic Girl” milik divisi peluncuran satelit Virgin Atlantic, yaitu Virgin Orbit ini berhasil meluncurkan roket lainnya yang bernama “Launcher One” ke luar orbit bumi.

Roket yang menampung sekitar tujuh satelit konsumen Virgin Orbit tersebut dipasangkan tepat di bawah sayap Cosmic Girl dan diluncurkan ketika pesawat mencapai ketinggian tertentu.

Lebih detail, Cosmic Girl sendiri lepas landas dari bandara Mojave Air & Space Port, Californi, Amerika Serikat (AS).

Nah, ketika berada di ketinggian sekitar 35.000 kaki (10,7 km), sang pilot lantas melakukan sejumlah manuver untuk kelancaran proses peluncuran roket dan melepaskan satelit ke luar orbit bumi.

Adapun misi peluncuran Above the Clouds ini memungkinkan satelit mengorbit sekitar 500 km dari permukaan bumi dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Dengan peluncuran roket yang membawa tujuh satelit ini, total satelit yang berhasil diluncurkan Virgin Orbit selama sekitar satu tahun beroperasi pun otomatis bertambah menjadi 26 satelit.

Kenapa pakai pesawat?

Sekadar informasi, peluncuran roket di udara menggunakan pesawat ini konon merupakan alternatif operadi peluncuran satelit ke luar orbit bumi yang lebih murah dan efisien dibanding peluncuran roket konvensional di darat.

Selain itu, penggunaan pesawat sejatinya memungkinkan roket dan satelit yang dibawa diluncurkan dari beberapa wilayah di penghujung bumi, tidak seperti situs peluncuran roket yang hanya terpaku di satu tempat.

Virgin Orbit pun mengeklaim bahwa ini merupakan pertama kalinya luar orbit bumi dicapai dari wilayah pesisir pantai Amerika Serikat (AS).

Rencananya, operasi menggunakan Cosmic Girl di tahun 2022 ini bakal dipindahkan dari AS ke Inggris, sebagaimana dirangkum Aviatren dari SimpleFlying, Selasa (18/1/2022).

Nantinya, pesawat pembawa roket dan satelit itu kemungkinan bakal lepas landas dari Spaceport Cornwall, Newquay Airport, Inggris sekitar Juni-Juli 2022 mendatang.

Content Writer

View all posts