Layanan 5G akan hadir di sekitar 50 pesawat Jet Edge berkabin besar dalam dua tahun ke depan, bisa mulai dinikmati penumpang pada 2022 ini.
Ilustrasi Jet Edge

AVIATREN.com – Perusahaan pesawat jet bisnis Jet Edge bakal menggandeng penyedia layanan internet di pesawat, Gogo demi menghadirkan layanan 5G di dalam pesawat. Ini menjadi yang pertama kalinya di industri penerbangan.

Nantinya, layanan 5G tersebut akan hadir di sekitar 50 pesawat Jet Edge berkabin besar dalam periode dua tahun ke depan, dan diperkirakan bakal bisa dinikmati penumpang pada 2022 ini.

CEO Jet Edge, Bill Papariella mengatakan bahwa kemitraan dengan Gogo ini terjadi karena kedua perusahaan tersebut memiliki hubungan kemitraan sejak lama.

“Dengan memperbarui layanan internet dengan Gogo 5G, ini menunjukkan bahwa kami ingin memberikan layanan konektivitas dan hiburan terbaik di industri penerbangan,” kata Bill dalam sebuah pernyataan.

Peningkatan konektivitas 5G Gogo di sejumlah pesawat Jet Edge sendiri disebut mudah dilakukan berkat solusi hardware internet dari Gogo itu sendiri, yaitu Avance L5, yang sudah terpasang di sejumlah pesawat Jet Edge.

“Dengan Avance L5 yang sudah terpasang di sejumlah pesawat kami, memperbarui konektivitas ke 5G bakal mudah dilakukan dan prosesnya relatif cepat,” imbuh Bill.

Ilustrasi kemitraan Jet Edge dengan Gogo
Ilustrasi kemitraan Jet Edge dengan Gogo

Gogo 5G

Sekadar informasi, impian Gogo untuk menghadirkan layanan 5G pertama di dunia di industri penerbangan sendiri sudah menjadi fokus perusahaan tersebut selama bertahun-tahun, berkat kerja samanya juga dengan perusahaan teknologi Cisco.

Rencananya, layanan 5G Gogo bakal meluncur perdana di sejumlah wilayah di Amerika Serikat. Pada 2022 nanti, layanan tersebut juga diprediksi bakal merambah ke pasar lainnya, seperti Kanada.

Untuk menghadirkan layanan 5G, Gogo mengandalkan infrastruktur tower yang jumlahnya konon melebihi dari 250 ground station.

Pesawat yang ingin menerima sinyal dari sejumlah ground station ini harus dipasangi dengan antena baru yang diproduksi oleh First RF.

Adapun pemasangan layanan 5G Gogo ini mengandalkan solusi atau alat bernama Avance L5. Sehingga, pesawat yang sudah menggunakan alat tersebut, seperti pesawat Jet Edge tadi, bakal dengan mudah memperbarui konektivitas dalam pesawat dengan layanan 5G dari Gogo.

Content Writer

View all posts