Siapa saja maskapai atau bandara yang berpartisipasi dalam April Mop dan memiliki lelucon yang paling heboh? Simak daftarnya berikut.
Menu barbeku di dalam pesawat Hong Kong Airlines

AVIATREN.com – Lelucon yang dibuat untuk merayakan 1 April, alias April Mop marak dibuat oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia untuk membuat heboh khalayak. 

Tak hanya perusahaan konvensional, sejumlah maskapai dan bandara juga pernah membuat lelucon April Mop mereka sendiri yang sempat membuat heboh industri penerbangan.

Siapa saja maskapai atau bandara yang berpartisipasi dalam April Mop dan memiliki lelucon yang paling heboh? Simak daftarnya berikut, sebagaimana dihimpun Aviatren dari SimpleFlying, Selasa (5/4/2022).

1. Hong Kong Airlines Sediakan Hidangan BBQ khas Kanton di Dalam Pesawat

Pada 1 April 2018 lalu, Hong Kong Airlines membuat jagat Twitter heboh lantaran mereka menyediakan hidangan barbeku (BBQ) ala Kanton di dalam pesawat dengan rute long-haul. 

Menu-menu yang disediakan dalam paket BBQ tersebut mencakup aneka hidangan dimsum, bebek panggang, babi panggang, dan hidangan Kanton lainnya.

2. WestJets Hadirkan Gas Helium di Dalam Pesawat

Pada 1 April 2011, maskapai asal Kanada, WestJet mengumumkan bahwa mereka bakal menghadirkan gas helium ke dalam kabin. 

Hal itu dilakukan untuk mengurangi beban pesawat, sehingga biaya operasional bisa dipangkas dan lebih efisien.

Menurut WestJet, gas helium sendiri 85 persen lebih ringan dari nitrogen, dan gas tersebut, apabila dimasukkan ke dalam pesawat, diklain bisa menghemat avtur hingga 4 persen.

3. Bandara Internasional Denver Gantikan Anjing dengan Llama untuk Urus Keamanan

Pada 1 April 2021, pengelola Bandara Internasional Denver (DEN) mengumumkan bahwa mereka menggantikan anjing pelacak mereka di bandara dengan hewan Llama bernama Matilda. 

Menurut pihak DEN, alasan penggantian tersebut adalah karena Llama memiliki penciuman yang diklaim enam kali lebih baik dibanding anjing. Selain itu, hewan asal Amerika Selatan itu juga disebut mudah untuk dilatih. 

4. RyanAir Hadirkan Penerbangan Tanpa Anak

Pada 1 April 2011, RyanAir mengatakan bahwa mereka bakal meluncurkan penerbangan tanpa anak (child-free flights) pada Oktober 2011. 

Untuk menikmati penerbangan tanpa gangguan tersebut, RyanAir mengatakan penumpang harus membayar kocek ekstra. 

Dalam sebuah pernyataan, Head of Communications RyanAir, Stephen McNamara mengatakan bahwa penerbangan tanpa anak ini dihadirkan lantaran kabin atau konfigurasi pesawat tidak bisa dibagi menjadi area dewasa dan area keluarga. 

“Namun beda halnya dengan adanya permintaan penerbangan tanpa anak ini. RyanAir pun bakal menghadirkan penerbangan tersebut di rute-rute ramai kami mulai Oktober mendatang,” jelas Stephen. 

5. Emirates Hadirkan SkyLounge di 777X

SkyLounge Emirates 777X

Pada 1 April 2018 lalu, Emirates mengumumkan pihaknya menghadirkan ruangan kabin khusus di pesawat Boeing 777X mereka yang dilapisi dengan kaca transparan. Ruangan kabin ini mereka sebut dengan SkyLounge. 

“Emirates akan memperkenalkan SkyLounge di 777X pada 2020. SkyLounge adalah kabin pesawat yang berisi ruang santai, di mana sekelilingnya dilapisi dengan kaca transparan untuk memberikan pengalaman mewah yang tak tergantikan,” tulis Emirates dalam sebuah pernyataan. 

Namun, hal ini tentunya merupakan informasi yang dibuat untuk menarik minat publik semata. Sebab, Emirates sendiri saat ini belum menerima pesawat 777X dan pengirimannya kini ditunda hingga 2023 mendatang. 
**** 

Content Writer

View all posts