Kursi rancangan Factorydesign ini membuat setiap penumpang bisa mendapatkan akses lorong pesawat tanpa mengganggu penumpang lainnya.
Ilustrasi kursi Access

AVIATREN.com – Boeing 737 MAX dan Airbus A320neo Family adalah dua seri pesawat berbadan sempit (narrow body), alias single-aisle yang bisa dibilang cukup populer di dunia.

Karena cukup populer, Factorydesign membuat kursi penumpang anyar yang dikhususkan untuk mempercantik kabin kedua seri pesawat tersebut, dan secara bersamaan bertujuan untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang.

Kursi tersebut bernama Access, dan seperti namanya, Access bisa disusun sedemikian rupa supaya setiap penumpang bisa mengakses lorong pesawat dengan mudah, tanpa harus melewati bagian depan penumpang lainnya.

Dalam konfigurasi kabin kelas bisnis, sejumlah Access dalam satu baris bakal disusun melengkung secara rapi hingga baris belakang, sehingga nantinya bakal menyerupai seperti bentuk kipas.

Ilustrasi kursi Access

Kursi-kursi ini juga disusun secara terpisah, tidak seperti kursi kelas bisnis konvensional yang biasanya ditempel dengan kursi lainnya, seperti contohnya di konfigurasi kursi 2-2.

Dengan begitu, setiap penumpang bisa mendapatkan akses lorong pesawat tanpa mengganggu penumpang lainnya.

Pada aspek kenyamanan, Access sendiri mengusung jenis kursi “Lazy-Z”. Kursi ini sejatinya tidak bisa dibentangkan 180 derajat seperti lie-flat bed, namun penumpang diklaim masih bisa bersandar dengan nyaman lantaran kursi ini bentuknya bisa menyerupai kursi-kursi di pinggir pantai atau kolam renang.

Untuk kursi Access yang dekat dengan jalan lorong pesawat sendiri bakal dibekali dengan sebuah papan di pinggiran kursi untuk menjaga privasi penumpang ketika tengah menonton.

Selain itu, kursi Access juga dibekali penghalang di tiap kursi yang bisa dibuka dan ditutup untuk kenyamanan penumpang, dan di bagian belakangnya tidak ada kompartemen apapun bagi orang yang duduk di kursi belakang.

Isi celah antara 2-2 dan 1-1

Ilustrasi kursi Access

Menurut Factorydesign, kursi ini bisa mengisi kekosongan antara konfigurasi kursi kelas bisnis 2-2 dan 1-1 (kursi lie-flat bed).

Mereka sendiri mengeklaim bahwa penggunaan kursi Access bisa meningkatkan efisiensi di kapasitas pesawat sebanyak 25 persen dari konfigurasi kelas bisnis 1-1 yang cenderung memakan tempat karena penggunaan lie-flat bed.

Adapun pembuatan kursi Access ini, menurut Factorydesign, didorong oleh adanya potensi bisnis di segmen penerbangan jarak jauh menggunakan pesawat narrow body.

“Ada anggapan yang kuat di industri penerbangan bahwa penerbangan jarak jauh menggunakan pesawat single-isle merupakan pasar yang sangat potensial,” kata Factorydesign, dikutip Aviatren dari Executivetraveller.com, Kamis (7/4/2022)

“Selain itu, ketertarikan industri penerbangan terhadap pesawat jenis ini juga belakangan meningkat sebagai efek dari pandemi. Sebab, pesawat berbadan sempit bisa menekan biasa operasional dan memiliki rute yang fleksibel,” imbuh Factorydesign.

Belum diketahui maskapai mana yang mau mengadopsi desain kursi kelas bisnis rancangan Factorydesign, yang memberi akses ke lorong untuk semua ini.

Content Writer

View all posts