Sejumlah maskapai penerbangan AS bersamaan mengumumkan penumpang boleh tidak menggunakan masker, baik itu di dalam pesawat maupun di bandara.
American Airlines B737 MAX.

AVIATREN.com – Hakim Distrik Amerika Serikat (AS) resmi mencabut aturan wajib memakai masker di seluruh penjuru AS, termasuk saat naik pesawat terbang.

Hal itu diumumkan setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) belum lama ini mengumumkan bahwa warga AS masih wajib pakai masker hingga 3 Mei mendatang.

Menurut Hakim Distrik AS, CDC tidak bisa menjelaskan secara rinci seputar alasan mengapa mereka memperpanjang aturan kewajiban penggunaan masker kepada publik.

Selain itu, imbauan CDC ini juga tidak sesuai peraturan yang dibuat CDC sendiri, serta melanggar hukum AS yang mengawasi tentang aturan yang dibuat oleh lembaga federal macam CDC, yang tentunya tercantum dalam hukum Administrative Procedure Act (APA).

“Pengadilan memutuskan bahwa imbauan CDC terkait penggunaan masker di ruang transportasi publik tidak akan efektif atau berlaku untuk saat ini,” jelas Hakim Distrik AS, dikutip Aviatren dari SimpleFlying, Rabu (20/4/2022).

“Sehingga, badan transportasi keamanan AS (TSA) tidak akan mewajibkan para aparatnya untuk menertibkan warga AS yang tidak pakai masker,” imbuh Hakim Distrik AS.

Keputusan Hakim Distrik AS ini lantas dibarengi dengan sejumlah maskapai penerbangan asal AS yang ramai-ramai mengumumkan bahwa penumpang boleh tidak menggunakan masker, baik itu di dalam pesawat maupun di bandara.

Alaska Airlines, misalnya, mengatakan pihaknya sudah tak lagi mewajibkan karyawan dan penumpangnya untuk menggunakan masker.

“Efektif mulai hari ini, semua penumpang dan karyawan Alaska Airlines dan Horizon Air memiliki pilihan dan tidak diwajibkan untuk mengenakan masker saat bepergian di AS dan di tempat kerja,” tulis Alaska Airlines.

“Masker tidak lagi diperlukan pada penerbangan domestik, penerbangan internasional tertentu (tergantung pada persyaratan di negara kedatangan), atau di bandara AS,” jelas United Airlines di keterangan terpisah.

Selain Alaska Air dan United Airlines, Delta Air Lines, American Airlines, hingga Southwest Airlines juga mengatakan hal serupa dan tidak mewajibkan penumpangnya untuk memakai masker, kecuaali di rute internasional yang masih menerapkan aturan wajib pakai masker.

Content Writer

View all posts