ATR 42-600 Varian STOL Terbang Perdana

ATR 42-600 STOL
ATR 42-600 STOL

AVIATREN.com – Pabrikan pesawat ATR mengumumkan pihaknya sukses melakukan penerbangan pertama untuk pesawat ATR 42-600 varian Short Take-Off and Landing (STOL) pekan ini.

Pesawat tersebut melakukan penerbangan perdana dari Bandara Francazal, Perancis, sekitar Kamis (12/5/2022) pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Penerbangan tersebut memakan waktu 2 jam 15 menit, dan selama berada di udara, awak kabin melakukan sejumlah pengujian untuk melihat dan menjajal kebolehan pesawat.

Meski demikian, pesawat bermesin turboprop ganda generasi terbaru tersebut terbang perdana dengan konfigurasi khusus yang belum disempurnakan untuk penerbangan komersil.

Dengan kata lain, ke depannya, pihak ATR akan menambah atau meningkatkan sejumlah elemen atau sistem penunjang operasional pesawat.

Di antaranya seperti sistem Multifunctional Computer New Generation (MFC-NG), fitur Autobrake, Ground Spoiler, sistem take-off, dan masih banyak lagi.

Rencananya, ATR 42-600 varian STOL sendiri bakal mencapai konfigurasi sempurna pada akhir tahun 2022 ini, dan bakal ditingkatkan dengan sistem kemudi baru.

Nantinya pada 2023 mendatang, pesawat tersebut konon bakal siap untuk proses sertifikasi sebelum dipakai oleh maskapai untuk melayani penumpang.

Saat ini, ATR sendiri mencatat sudah ada sekitar 20 komitmen dari maskapai seluruh dunia, begitu juga para perusahaan lessor untuk pesawat ATR 42-600.

Biasanya, para maskapai menggunakan pesawat ini untuk mengoperasikan penerbangan ke daerah terpencil yang memiliki bandara dengan landasan udara yang pendek atau yang memiliki panjang antara 800-1.000 meter.

Sebagaimana dirangkum Aviatren dari AsianAviation, Sabtu (15/5/2022), ada sekitar 500 bandara di dunia yang termasuk dalam kategori tersebut, dan ATR 42-600 tentu saja bisa menjadi pilihan yang cocok bagi maskapai yang melayani rute dari dan ke salah satu dari ratusan bandara tersebut.