Registrasi Pesawat “VT” untuk India Dipetisi Diubah

Air India B787
Air India B787
B787 Air India

AVIATREN.com – Kode registrasi ‘VT’ yang dimiliki oleh pesawat-pesawat di India dipetisi untuk diubah. Anggota partai pemerintah India yang berkuasa meminta pengadilan untuk mengubahnya. Sebab, kode registrasi VT diasosiasikan dengan masa kolonial India.

Sebuah Litigasi Kepentingan Umum (PIL) telah diajukan di Pengadilan Tinggi Delhi meminta untuk mengarahkan pemerintah pusat di India mengubah awalan kode registrasi pesawat negara.

Diajukan oleh anggota Partai Bhartiya Janata yang berkuasa dan advokat Ashwini Kumar Upadhyay, petisi tersebut mengatakan bahwa awalan “VT” diberikan kepada operator India di era pra-kemerdekaan.

Ia berpendapat bahwa kedua huruf tersebut harus diubah karena India bukan lagi wilayah Inggris dan tidak demikian selama 75 tahun terakhir.

VT, yang muncul sebagai awalan pada semua pesawat yang terdaftar di India, adalah singkatan dari “Victoria Teritory dan Viceroy teriroty” (Wilayah Raja Muda). Upadhyay meminta pengadilan untuk menyatakan hal itu bertentangan dengan kedaulatan India.

Kode tersebut diberikan ke India pada tahun 1929. Menurut petisi, upaya sebelumnya oleh pemerintah India untuk mengubahnya tidak berdampak apa-apa. Karena itu, ia terus menggunakan VT. Ini juga mengutip contoh negara lain seperti Cina, Pakistan, Bangladesh, dan Nepal yang mengubah kode mereka di kemudian hari, sehingga mendorong India untuk melakukan hal yang sama.

Permohonan lebih lanjut menyatakan bahwa “Upaya sia-sia dilakukan di masa lalu mengenai perubahan tanda panggilan untuk pesawat negara kita, tetapi semua sia-sia, karena mereka menjawab dengan mengatakan bahwa India tidak bisa mendapatkan BA (Bharat) dan IN (India) karena China dan Italia masing-masing telah mengambil prefiks ‘B’ dan ‘I’.”

Bahkan jika pengadilan memutuskan untuk memenangkan Upadhyay, mengubah kode akan melibatkan otoritas India meminta Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan melihat ketersediaan kombinasi huruf seperti yang diinginkan oleh India. Itu kemudian harus diubah di semua pesawat yang terdaftar di India.